Sosok Irjen Gatot Eddy: Moncer di Satgas Nusantara Berujung Kapolda Metro Jaya

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Selasa, 22 Januari 2019
Sosok Irjen Gatot Eddy: Moncer di Satgas Nusantara Berujung Kapolda Metro Jaya
Irjen Gatot Eddy Pramono (tribratanews.polri.go.id)

Merahputih.com - Gerbong perwira tinggi (Pati) Polri kembali bergerak. Salah satu Pati yang mendapat promosi jabatan adalah Irjen Idham Azis. Idham, yang kini menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya mendapat promosi jabatan sebagai Kabareskrim Polri lewat surat mutasi telegram bernomor ST/188/I/KEP.2019 tertanggal 22 Januari 2019.

Dalam Telegram yang ditandatangani Asisten SDM Kapolri, Irjen Eko Indra Heri, posisi yang ditinggal Idham akan diisi Irjen Gatot Eddy Pramono. Gatot sebelumnya menjabat sebagai Asisten Perencanaan (Asrena) Kapolri.

Irjen Gatot sendiri moncer namanya ketika ditunjuk Kapolri Jenderal Tito Karnavian sebagai Kasatgas Nusantara. Satgas ini dibentuk Tito jelang Pilkada Serentak 2018 dan Pilpres 2019.

Irjen Gatot Eddy Pramono (tribratanews.polri.go.id)

Dibawah kendali Irjen Gatot, Satgas Nusantara berhasil mendinginkan suasana politik saat tensi memanas selama tahapan Pilkada dan jelang Pemilihan Presiden 2019 berlangsung. Selain itu, Satgas Nusantara juga berhasil menindak pelaku ujaran kebencian atau Hoaks jelang pesta demokrasi. Gatot juga tercatat pernah menjabat sebagai Staf Ahli Kapolri bidang Sosial dan Ekonomi (Sahlisosek).

Gatot merupakan lulusan Akpol 1988. Awal karir, ia menjabat sebagai Kapolres Blitar dan Sespri Kapolri. Gatot juga pernah lama bertugas di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Pria yang ahli di bidang reserse itu pernah jadi Kapolres Depok tahun 2008 dan Kapolres Jakarta Pusat pada tahun 2009. Tak hanya itu, Gatot pernah menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya di tahun 2011.

Setelahnya, Gatot dimutasi ke Mabes Polri sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Pidum Bareskrim pada tahun 2012. Karirnya pun berlanjut sebagai Kabagdukminops Robinops Sops Polri di tahun 2013. Tahun 2016, Gatot dipercaya sebagai Wakapolda Sulawesi Selatan. (Asp)

#Kapolda Metro Jaya #Mabes Polri
Bagikan
Bagikan