Sosok Ayah Hebat dalam Video Game Sosok ayah dalam video game yang bisa jadi inspirasi (Foto: WallpaperCave)

BANYAK cerita video game yang berfokus pada sosok ayah, baik itu ayah kandung maupun angkat. Untuk memperingati hari ayah nasional yang jatuh pada 12 November ini, nampaknya tak ada salahnya untuk membahas cerita dan kehebatan mereka. Bisa jadi cerita mereka menginspirasi banyak sahabat Merah Putih untuk jadi ayah yang tak kalah hebat. Tanpa berlama-lama, berikut daftar sosok ayah hebat di dalam video game.

Baca juga:

Tiga Cara Jadi Ayah Keren bagi Keluarga

1. Chuck Greene - Dead Rising 2 & 3

Sosok Ayah Hebat dalam Video Game
Chuck Greene, protagonis Dead Rising 2 & 3 (Foto: WallpaperCave)

Dalam game Dead Rising 2 pemain akan bermain sebagai Chuck Greene, seorang pembalap motorcross. Ia mengikuti sebuah reality show dimana Greene harus membunuh banyak zombi untuk mendapatkan obat bernama Zombrex. Obat tersebut dapat menyembuhkan orang yang terinfeksi virus zombi, jadi mereka tetap dapat hidup seagai manusia.

Greene berusaha mendapatkan Zombrex untuk putrinya, Katey, yang terinfeksi oleh ibunya yang telah berubah menjadi zombi. Sayangnya usaha Greene tidak lah mudah. Kekacauan melanda tempat shooting Greene sehingga ia harus berusaha menyelamatkan dirinya dan Katey, sambil menjaga Katey supaya tidak berubah menjadi zombi.

2. Kazuma Kiryu - Seri Yakuza

Sosok Ayah Hebat dalam Video Game
Kazuma Kiryu, protagonis seri Yakuza (Foto: WallpaperCave)

Meski menjadi seorang Yakuza bukan lah pekerjaan yang terbaik, tapi bukan berarti setiap Yakuza sejahat yang banyak orang kira. Contohnya seperti penggambaran Kazuma Kiryu dalam seri Yakuza. Dalam game tersebut, Kiryu mengadopsi putri sahabatnya, Haruka. Kiryu selalu memberikan perhatian kepada Haruka. Meski terkadang pekerjaanya membahayakan Haruka, Kiryu selalu siap datang menyelamatkan dan melindungi putrinya.

Kasih sayangnya tersebut bahkan semakin terlihat di game Yakuza 6. Haruka telah menikah dalam cerita Yakuza 6 dan mempunyai anak bernama Haruto. Kiryu sebagai kakek Haruto ikut membantu mengurusnya. Mulai dari memberinya susu di malam hari, mengganti popoknya, dan bermain dengan Haruto. Sama seperti saat mengurus Haruka, Kiryu siap melawan siap saja demi menyelamatkan dan melindungi Haruto.

3. Dad - Fallout 3

Sosok Ayah Hebat dalam Video Game
Karakter ayah (dad) dalam Fallout 3 (Foto: YouTube/Brian Fouser)

Fallout 3 menempatkan gamer sebagai penghuni Vault 101, sebuah bunker perlindungan dari dunia yang hancur akibat nuklir. Ketika karakter pemain beranjak dewasa, ayahmu kabur dari Vault 101 tersebut dan menyebabkan kerusuhan. Untuk menghindari kerusuhan tersebut, kamu pun ikut kabur dari bunker tersebut.

Setelah berhasil kabur, kamu berusaha mencari dirinya dan alasan mengapa ia kabur dari tempat yang selama ini kamu sebut rumah. Seiring berjalannya waktu, kamu menemukan dia terperangkap dalam sebuah mesin simulasi mimpi. Kamu pun berhasil menyelematkan dirinya dan saat itu lah kamu mengetahui alasan dibalik keputusannya.

Ternyata dirinya kabur karena ingin melanjutkan proyek yang ia kerjakan bersama mendiang ibumu. Proyek tersebut dapat menyelamatkan hidup jutaan orang, bahkan bisa mengembalikan bumi seperti semula. Ia meninggalkanmu di Vault 101 karena merasa tempat itu lah yang paling aman buat dirimu. Tapi ia menyadari bahwa perkiraannya salah dan mengajakmu untuk bekerjasama membangun dunia yang lebih baik.

Baca juga:

Peran Seorang Ayah Berdampak Besar Bagi Kehidupan Anak

4. John Marston - Red Dead Redemption

Sosok Ayah Hebat dalam Video Game
John, protagonis utama Red Dead Redemption (Foto: WallpaperCave)

Terkadang menjadi ayah baik artinya memastikan anak-anaknya tak mengulang kesalahan sama yang ia buat. Hal tersebut lah yang John Marston lakukan di Red Dead Redemption. Ia direkrut oleh pemerintah untuk menghabisi geng lamanya, Van der Linde. John berhasil melakukan misinya dan ia diberi kebebasan untuk hidup dengan tenang bersama keluarganya.

Sayangnya, keadaan bahagia tersebut tak bertahan lama. Dirinya dikhianati oleh pemerintah. Demi menjaga keluarganya tetap aman, ia meminta mereka untuk pergi jauh dari rumah. John kemudian menghadapi para polisi dan mengorbankan dirinya demi keluarga. Meski anaknya, Jack, akhirnya mengetahui hal ini dan memburu orang-orang yang membunuh ayahnya, tapi aksi John yang ingin melindungi keluarganya perlu diapresiasi.

5. Joel - The Last of Us

Sosok Ayah Hebat dalam Video Game
Ellie dan Joel, kedua protagonis utama The Last of Us (Foto: WallpaperCave)

Kerusuhan melanda tempat tinggal Joel. Banyak orang berubah menjadi zombi akibat berkembangnya jamur yang dapat mengifeksi makhluk hidup. Ketika sedang berusaha menyelamatkan diri, putrinya Sarah ditembak oleh prajurit yang mengira mereka telah terinfeksi. Hal tersebut membuat Joel trauma dan merubah dirinya.

Dua puluh tahun berlalu, Joel kini bekerja sebagai seorang penyenlundup barang di tengah dunia yang kacau. Suatu saat ia mendapat tugas untuk menyelundupkan seorang gadis remaja bernama Ellie. Meski awalnya hubungan mereka sebatas profesionalisme saja, lama kelamaan mereka berdua menjadi sangat dekat.

Di akhir cerita, Joel baru mengetahui bahwa Ellie ternyata kebal terhadap serangan jamur yang mengubah orang menjadi zombi. Orang-orang yang menugaskan Joel untuk menyelundupkan Ellie ingin membunuh Ellie supaya dapat membuat vaksin. Tidak terima, Joel melawan orang-orang tersebut dan akhirnya menyelamatkan Ellie. (sep)

Baca juga:

Rindu Sosok Ayah? Sampaikan Lewat Nyanyian



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH