Sony Tolak Tawaran Disney, Spider-Man Ditendang dari Keluarga MCU Tom Holland pemeran Spider-Man produksi duet Sony dan Disney.(Instagram/tomholland2013)

MerahPutih.com - Kabar menyesakkan datang dari dunia film superhero. Franchise film Spider-Man hampir pasti tidak lagi bergabung dengan Marvel Studio, setelah Disney dan Sony gagal mencapai kesepakatan terbaru.

Dilansir BuzzFeed News, Rabu (21/8), Presiden Marvel Studios, Kevin Feige takkan terlibat dalam film-film solo Spider-Man yang akan datang. Keputusan ini secara efektif akan menghapus versi Peter Parker yang diperankan Tom Holland dari Marvel Cinematic Universe (MCU).

Baca Juga: Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Ambil dari Film 'Spider-Man'

Sony Pictures telah memiliki hak film untuk Spider-Man selama hampir dua dekade, ketika Tobey Maguire memerankan karakter pahlawan laba-laba itu di medio awal 2000-an. Pada 2015, Sony menandatangani perjanjian yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan Marvel Studios milik Disney untuk berbagi karakter Spider-Man.

SpiderMan Sony
Peter Parker Tak Perlu Memakai Kostumnya Untuk Bisa Mengeluarkan Jaring (Foto: Inverse)

Kerja sama Sony dan Disney ini telah melahirkan 2 film solo Spider-Man, yakni Spider-Man 2017: Homecoming dan Spider-Man 2019: Far From Home, yang mendulang sukses di box office. Dikutip New York Post, kesuksesan ini membuat Disney mengajukan kesepakatan ulang dalam pembagian keuntungan yang merata hingga berujung nasib suram Spider-Man versi Tom Holland.

Baca Juga: 4 Kostum Peter Parker Di 'Spider-Man: Far From Home'

Sony menolak tawaran Disney untuk menanggung pembiayaan dan pembagian keuntungan film-film Spider-Man ke depan dengan persentase 50-50%. Penolakan ini membuat Disney mencabut Kevin Feige dan Marvel Studios sebagai produser film Spider-Man masa depan Sony, dan mengeluarkan karakter itu dari MCU.

Kabar yang tentu saja memicu kehebohan di kalangan fans Spider-Man di dunia. Bahkan, di media sosial mulai muncul tagar #SaveSpiderMan, memohon MCU tetap mempertahankan film solo Spider-Man yang diperankan karakter Tom Holland.

Spiderman Sony
Steve Ditko yang Mendesain Kostum Orsinil Spider-Man (Foto: Times)

Fans sampai mengungkit pernyataan Stan Lee, pencipta karakter Spider-Man tentang Tom Holland sebagai sosok yang dianggap paling berhasil memerankan karakter pahlawan remaja itu selama ini.

Baca Juga: Berawal dari Seekor Lalat, Lahir lah Superhero Spider-Man

Namun, masih sedikit ada harapan nasib Spider-Man di dalam MCU masih bisa diselamatkan. Sumber studio Sony mengatakan hingga saat ini negosiasi sedang berlangsung tentang nasib karakter Spider-Man, termasuk berapa banyak film Spider-Man Sony dapat tetap menjadi bagian dari MCU.

Berdasarkan konfirmasi BuzzFeed News, peluang manusia laba-laba tetap menjadi anggota keluarga MCU sangat tipis jika Sony tetap ngotot menolak tawaran pembagian rata keuntungan. Meski demikian, situasi ini bisa menjadi berkah tersendiri bagi Sony.

Tom Holland dapat ikut berpartisipasi dalam rencana Sony Pictures untuk mengeksploitasi karakter lain dalam kanon Spider-Man, termasuk franchise Venom yang diperankan Tom Hardy. Bahkan, terbuka pilihan kolaborasi dengan versi animasi Spider-Man: Into the Spider-Verse, yang sukses meraih Oscar dan haknya masih dipegang Sony. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH