Sony Telah Jual 46,6 Juta Konsol PlayStation 5

Andrew FrancoisAndrew Francois - Jumat, 10 November 2023
Sony Telah Jual 46,6 Juta Konsol PlayStation 5
Sony telah jual lebih dari 46,6 juta PS5. (Foto: Unsplash/Kamil S)

SONY mencapai keberhasilan penjualan yang signifikan pada kuartal terbaru untuk konsol PlayStation 5 (PS5). Perusahaan itu berhasil menjual sebanyak 4,9 juta unit PS5 selama kuartal keuangan kedua yang berakhir pada 30 September 2023, mengangkat total penjualan konsol tersebut menjadi 46,6 juta unit.

Meski belum mencapai angka penjualan tahun sebelumnya, ini masih menunjukkan peningkatan sebanyak 1,6 juta unit dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022, seperti diwartakan Engadget, Kamis (9/11).

Perlu dicatat bahwa Sony menghadapi tantangan pasokan yang signifikan dalam beberapa waktu, mempengaruhi industri teknologi secara keseluruhan, tetapi berhasil meningkatkan produksi setelah mengatasi masalah pasokan.

Baca juga:

Kapasitas Penyimpanan Game di PS5 Hanya Segini

Sony tetapkan target ambisius untuk penjualan PS5. (Foto: Unsplash/Kerde Severin)

Kendati Sony telah menjual lebih dari 40 juta konsol PS5 sejak peluncurannya pada November 2020, perusahaan itu masih memiliki target ambisius untuk mengirimkan 25 juta unit PS5 pada tahun finansial ini.

Target itu berarti menuntut penjualan tambahan sebanyak 16,8 juta unit. Namun, Presiden Sony, Hiroki Totoki, yakin bahwa target tersebut dapat dicapai dengan mudah oleh perusahaan, terutama dengan perilisan model PS5 yang lebih kecil pada bulan ini, bersamaan dengan musim belanja liburan yang dapat meningkatkan permintaan.

Demi meraih target itu, nampaknya Sony harus memainkan strategi penjualan judul game eksklusif. Pasalnya, penjualan konsol PS5 meningkat drastis ketika mereka merilis game God of War Ragnarok akhir tahun lalu.

Baca juga:

Begini Caranya Menghubungkan DualSense PS5 ke PC

Sony akan rilis PS5 yang lebih ramping. (Foto: Unsplash/Charles Sims)

Sementara, untuk PS5 yang lebih ramping akan mulai dijual di AS dan Jepang pada November mendatang, meski tanggal pastinya belum dapat diumumkan. Masyarakat Indonesia perlu bersabar, karena belum ada kabar bila konsol yang lebih ramping itu akan dijual di sini.

Selain prestasi penjualan perangkat keras, Sony juga mencatat penjualan game yang signifikan selama kuartal kedua, dengan total 67,6 juta unit terjual. Meski hanya 4,7 juta unit yang merupakan game pihak pertama (game buatan Sony), diharapkan penjualan game pihak pertama akan meningkat pada kuartal berikutnya.

Sebagai contoh, Marvel's Spider-Man 2 berhasil terjual 5 juta unit dalam 11 hari pertama perilisannya, melebihi kinerja prekuelnya yang membutuhkan 80 hari untuk mencapai angka 9 juta kopi terjual. (waf)

Baca juga:

PS5 vs PS5 Digital Edition, Mana yang Lebih Oke?

#Sony #PlayStation #Game
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan