Game

Sony Minta Developer Sediakan Demo Game untuk Pelanggan PlayStation Plus

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Kamis, 28 April 2022
Sony Minta Developer Sediakan Demo Game untuk Pelanggan PlayStation Plus
Demo game dapat dimainkan sebelum kamu memutuskan untuk membelinya. (Foto: Sony)

SONY semakin memanjakan pelanggan Playstation Plus. Setelah Sony mengumumkan PlayStation Plus yang terintegrasi dengan PlayStation Now pada Juni 2022, kini mereka akan memberikan layanan premium berupa demo game kepada pelanggan.

Laman Kotaku memberitakan bahwa untuk bergerak lebih maju, Sony telah memutuskan untuk memberikan regulasi terhadap developer dari first-party maupun third-party. Regulasi tersebut mengharuskan para developer menyediakan demo game pada saat perilisan untuk dicicip oleh pelanggan PlayStation Plus sebelum mereka memutuskan untuk membelinya.

Baca Juga:

Daftar Gim Gratis PlayStation Plus Bulan Mei

Bahkan demo game tersebut harus memiliki peraturan sendiri untuk para developer. Tiap game harus sekiranya memiliki playtime selama dua jam dan harus dibuka pada saat perilisan atau maksimal tiga bulan setelah rilis. Sayangnya, layanan ini tidak hadir di Indonesia. Sony mengklaim bahwa fitur ini hanya akan tersedia di tier Deluxe dikarenakan Sony tidak memiliki integrasi dengan PlayStation Now di Indonesia.

Baca Juga:

The Legend of Zelda: Breath of the Wild 2 Masih Optimal di Nintendo Switch Lawas

Beberapa game demo yang rumornya dapat dimainkan pada 13 Juni 2022 ini di antaranya Forspoken, Gotham Knights, serta Saints Row yang nantinya dapat dijajal pemain tanpa biaya tambahan. Apalagi selain demo game, pemain juga bisa menikmati beberapa game klasik dari PlayStation, PlayStation 2, hingga PlayStation Portable.

Akan tetapi, demo game ini mungkin akan menjadi permasalahan bagi para developer, terutama pada game yang memiliki playtime sebentar. Hal ini sama seperti konflik yang terjadi pada Valve dengan platform Steam-nya, yang membuat para pemain dapat melakukan refund bila game tersebut hanya dimainkan kurang dari dua jam. Terlebih lagi, Sony masih belum memberikan kompensasi untuk para developer dengan fitur demo game ini.

Game demo dari PlayStation Plus ini hanya berlaku bagi game dengan harga di bawah Rp 493 ribu. Jadi game terbaru atau game dengan harga yang lebih tinggi, tidak diperkenankan oleh Sony untuk merilis game demonya.

Kira-kira game PlayStation 4 atau PlayStation 5 apa yang akan kamu jajal sebelum kamu memutuskan untuk membelinya? (dnz)

Baca Juga:

Ada Banyak Perubahan di Fitur Mega Evolution Game Pokemon Go

#Sony #Game #PlayStation
Bagikan
Ditulis Oleh

Aldonov Danoza

The love we take is equal to the love we make
Bagikan