Sony Investasi Besar ke Epic Games demi Unreal Engine 5 Sony berinvestasi ke Epic Games sebesar USD 250 juta. (Foto: esportobserver)

SONY berinvestasi pada pengembang game Fortnite, produsen konsol Playstation tersebut memegang saham Epic Games sebanyak 1,4%. Hal ini bisa terwujud karena keduanya mendapatkan 'keuntungan' untuk masing-masing perusahaan.

Sony membutuhkan platform sosial dan hiburan dari Epic Games, sementara pengembang game Fortnite tersebut membutuhkan aset dan teknologi dari Sony. Keduanya juga dikabarkan akan berusaha membuat virtual multimedia experiences untuk konsol game next-gen.

Sony Investasi Besar ke Epic Games demi Unreal Engine 5
Fortnite merupakan game yang paling banyak dimainkan di Epic Games. (Foto: essentiallysports)

Sama-sama bergerak di bidang pengembangan video game, Sony membuat konsol PlayStation dan Epic Games membuat game serta Unreal Engine, aplikasi pengembang permainan yang digunakan untuk menjalankan game.

Baca juga:

Fortnite Akan Hadir di PlayStation 5 dan Xbox Series X

Investasi ini lebih terlihat seperti kerjasama apik antara keduanya, Sony dalam waktu dekan akan merilis PlayStation 5 dan Epic Games yang saat ini sedang dalam proses pembuatan Unreal Engine 5 (UE5).

Dilansir dari laman theverge, walaupun Sony telah berinvestasi ke Epic Games, tidak berarti studio game ini hanya akan dibawah Sony terus-terusan. Mereka dapat menjual game mereka di platform lain.

Sony pun bukan satu-satunya investor, tetapi masih ada yang lainnya. Seperti raksasa teknologi, Tencent, Disney, dan Endeavor. Bahkan, Tencent memegang kepemilikan Epic Games sebesar 40%.

Sony Investasi Besar ke Epic Games demi Unreal Engine 5
Tampilan game dengan Unreal Engine 5 yang sedang dalam proses pengembangan. (Foto: venturebeat)

Sony dan Epic Games telah bekerjasama beberapa tahun belakangan. Epic Games bahkan menggunakan PlayStation 5 untuk melakukan demo untuk aplikasi Unreal Engine 5.

Selain itu, mereka juga bekerja untuk mengembangkan rancangan penyimpanan (data) untuk konsol next-gen. Tim Sweeney, CEO dari Epic Games mengatakan Fortnite juga akan diubah menggunakan EU5.

Baca juga:

Bersaing dengan PlayStation 5, Xbox Series X Bakal Pamerkan Game Eksklusif

Kerja sama ini menjadi sesuatu yang menarik, sebagaimana Sony PlayStation 5 yang akan segera dirilis akan bersaing dengan Xbox series X dari Microsoft. Sony membutuhkan Epic Games untuk support Unreal Engine 5 dan Fortnite untuk bisa dimainkan di seluruh konsolnya.

Sony Investasi Besar ke Epic Games demi Unreal Engine 5
PlayStation 5 yang akan segera dirilis dan menggunakan Unreal Engine 5. (Foto: wccftech)

Sebelumnya, Fortnite dapat dimainkan di Nintendo Switch dan Xbox. Inilah yang disebut dengan cross-platform, hanya membutuhkan satu akun, kamu dapat memainkan game di platform yang berbeda-beda. Namun, saat itu PS4 memblokir Fortnite. Pada akhirnya, Sony menambahkan sendiri fitur cross-play multiplayer.

Selain itu, kabarnya kedua perusahaan gaming ini ingin membuat konser virtual yang sama megahnya dengan konser Travis Scott di Fornite.

Pihak Sony menyadari bahwa Fortnite merupakan game yang sukses karena mendapatkan USD 400 miliar per April 2020. Melihat kemampuan Unreal Engine 5 Keduanya juga memiliki visi yang sama yaitu melihat pengalaman sosial 3D baik dalam game, film, dan juga musik. (may)

Baca juga:

'Watch Dogs 2' Bakal Dibagikan Gratis pada Event Online Ubisoft Forward


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH