Game
Sony Garap Aksesoris Back Button untuk DualSense PlayStation 5 Sony garap back button untuk DualSense milik PlayStation 5 (Foto: Game Rant)

MENGIKUTI kesuksesan back button dari DualShock, Sony akan mematenkan back button khusus untuk DualSense milik PlayStation 5. Tombol tersebut nantinya bisa dikustomisasi dengan fitur yang lebih banyak dibanding back button yang sudah Sony rilis sebelumnya.

Dilansir dari laman Game Rant, dokumen paten untuk back button DualSense tersebut akan menjadi upgrade terbaru agar nyaman bermain PlayStation 5. Desain yang ala next-gen, tersebut membuat pemain mampu menggunakan jari tengah atau jari manis untuk menekan aksesoris yang berfungsi sebagai tombol tambahan ini.

Baca Juga:

Pokemon World Championship 2021 Resmi Dibatalkan

Seperti back button pada DualShock sebelumnya, pemain bisa menggunakannya untuk memencet tombol yang tidak bisa diraih, atau sebagai tombol tambahan ketika bermain game. Game-game yang biasanya menggunakannya antara lain seperti game first-person shooter yang digunakan untuk reload dan merangkak. Termasuk game racing untuk memindahkan transmisi ketika jempol pemain sibuk menggerakan analog untuk setir dan menggerakkan kamera.

Back button ini selain dipakai oleh kawula gamer esports PlayStation sebagai acuan performa ketika bermain game. Biasanya back button oleh difabel yang memiliki kelainan otot atau kecacatan pada bagian jari yang memungkinkan pemain tidak bisa menekan tombol secara spesifik.

Baca Juga:

Game 'Demon Slayer' Siap Rilis di Konsol Next-Gen

sony
Tempat nantinya back button DualSense akan terhubung (Foto: Sony)

Pada dokumen paten back button tersebut, tidak ada fitur fungsional lain yang bisa dipamerkan. Tetapi dari segi estetika back button didesain dengan LED bermotif simbol tombol PlayStation yang mungkin akan berfungsi sebagai indikator dan semacamnya.

Tentu tim Merah Putih tidak bisa mendeskripsikan lebih lanjut mengenai fitur tambahannya. Eksistensi dokumen paten tersebut hanya menjadi pertanda bahwa back button tersebut digarap, tetapi untuk fitur yang dipamerkan lebih lanjut nantinya akan diumumkan secara langsung oleh Sony sendiri ketika siap dirilis dalam waktu dekat.

DualSense pada saat launching sudah merilis lini aksesoris kece. Di antaranya DualSense Charging Station untuk mengisi daya stik tanpa perlu menggunakan kabel, serta Pulse 3D Wireless Headset pendamping DualSense pada PlayStation 5. Serta konsolnya sendiri sudah bisa kamu dapatkan secara resmi sejak 22 Januari 2021 di beberapa toko retail Indonesia. (dnz)

Baca Juga:

Diblokir Google, Developer Tutup Kesempatan Bawa Game 'Terraria' ke Stadia

Kanal