Sony Enggak Bakal Produksi Konsol Game Portabel Baru Sony buat keputusan mengejutkan untuk Playstation (Foto: t3)

PLAYSTATION belum lama ini merayakan ulang tahun ke-25. Bertepatan dengan momen bahagia tersebut, Playstation bahkan mendapatkan rekor dunia dari Guinness sebagai brand konsol video game terlaku sepanjang masa. Namun dibalik semua kebahagian yang tengah dialami Playstation dan Sony selaku perusahaan yang mengembangkan dan memproduksi Playstation, ada kabar yang mungkin terdengar buruk bagi beberapa fans Playstation.

Melihat perkembangan pasar mobile games yang pesat, Jim Ryan selaku CEO dari Sony Computer Entertainment menyatakan bahwa Sony tak ingin lagi membuat konsol portabel. Keputusan ini tentunya mengejutkan sebagian kalangan gamer, melihat bahwa Sony bisa dibilang sukses menciptakan beberapa konsol portabel seperti Playstation Portable (PSP) dan PS Vita.

Baca juga:

Proyek Aksesoris Gaming Futuristik yang Hebat atau Justru Malah Aneh

Sony Enggak Bakal Produksi Konsol Game Portabel Baru
PlayStation tak lagi membuat konsol portabel (Foto: PlayStation)

Jim pun berpikiran demikian. Dilansir dari laman GameRant, Jim mengatakan bahwa PS Vita merupakan konsol portabel yang hebat. Akan tetapi sekarang kebanyakan orang lebih memilih untuk bermain video game melalui ponsel pintar atau tablet yang mereka miliki, dibandingkan harus membeli konsol portabel lagi untuk bermain game.

Baca juga:

Khusus untuk Gamer Kasual, Kini Hadir Laptop Gaming Tipis dan Ringan

Akan tetapi tak semua pihak di dalam Sony setuju dengan keputusan tersebut. John Kodera selaku mantan CEO Sony Interactive Entertainment merasa bahwa Sony seharusnya terus bereksperimen untuk membuat konsol portabel. Dibanding menyalahkan pasar, Kodera merasa Sony seharusnya mampu membuat konsol portabel yang menjawab permasalahan mobile gaming.

Sony Enggak Bakal Produksi Konsol Game Portabel Baru
Switch bisa dibilang sebagai konsol portabel sepanjang masa (Foto: Nintendo)

Apa yang disampaikan John bisa kita lihat buktinya dengan melihat konsol portabel dari perusahaan lain yaitu Nintendo Switch. Switch mampu bersaing dengan pasar mobile gaming karena fungsinya yang tak hanya bekerja sebagai konsol portabel saja, tapi juga sebagai konsol rumahan. Performa yang diberikan Switch pun tentunya juga jauh lebih baik dibandingkan ponsel pintar yang fungsi utamanya bukan untuk bermain game.

Meski begitu keputusan Sony tersebut nampaknya sudah bulat, setidaknya untuk waktu yang cukup lama. Tak menutup kemungkinan nantinya Sony merubah pikiran jika mereka mendapatkan ide yang bagus untuk sebuah konsol portabel. Setidaknya sekarang dengan keputusan ini, Sony dapat menaruh perhatian penuh kepada pengembangan konsol Playstation 5. Konsol yang tentunya dinanti-nanti para gamer dan rencananya dirilis tahun depan. (sep)

Baca juga:

Nintendo Switch Lite, Ringan Dibawa dan di Kantong


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya