Games

Sony akan Rilis Project Q, Perangkat Gaming Portabel untuk PlayStation 5

Andrew FrancoisAndrew Francois - Selasa, 30 Mei 2023
Sony akan Rilis Project Q, Perangkat Gaming Portabel untuk PlayStation 5
Mulai dijual November mendatang. (Foto: PlayStation)

SONY berencana untuk merilis perangkat genggam portabel Project Q untuk bermain game jarak jauh pada konsol PlayStation 5. Perangkat genggam terbaru Sony ini dilengkapi dengan layar 8 inci dan akan memudahkan bermain game PS5 secara nirkabel.

Sony juga mengumumkan earbuds Bluetooth PlayStation seperti dilaporkan Gizmochina pada Jumat (26/5) waktu setempat. Pengumuman resmi Project Q dilakukan pada acara PlayStation Showcase.

Sony mengatakan akan meluncurkan perangkat khusus yang memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming game apapun dari konsol PS5 mereka menggunakan Remote Play melalui Wi-Fi.

Selain layar HD 8 inci, Project Q memiliki semua tombol dari kontroler nirkabel PlayStation DualSense. Perangkat genggam ini mampu menjalankan gim dengan resolusi maksimum 1080p dan 60fps.

Baca juga:

Sony Isyaratkan PlayStation 5 Terbaru Rilis pada 2023

Konsolnya tidak akan bisa dimainkan secara independen. (Foto: PlayStation)

Perangkat genggam Sony Project Q akan dilengkapi dengan adaptive triggers dan haptic feedback, keduanya hadir pada kontroler nirkabel DuaSense. Semua game yang dapat dimainkan di perangkat genggam Q harus diinstal di konsol PlayStation 5.

Oleh karena itu, perangkat genggam Q ini dianggap sebagai pendamping PS5 dan tidak dapat beroperasi secara independen. Meskipun mungkin terasa kurang memuaskan jika perangkat genggam Q hanya dibatasi pada game yang diinstal di PS5, Sony dapat memperluas kemampuan perangkat untuk melakukan streaming game dari layanan Cloud-nya.

Perangkat genggam Sony Project Q akan masuk ke pasar pada akhir tahun ini. Sony juga akan mempertimbangkan persaingan di segmen gim untuk menentukan harga yang layak bagi perangkat genggam Q.

Sony juga belum menyebutkan bila kamu dapat menggunakan perangkat genggam PlayStation itu di luar rumah, tapi mungkin kamu dapat menggunakan teknologi Remote Play Sony untuk mengakses game PS5 saat kamu sedang bepergian.

Baca juga:

Sony Siap Tambah Produksi Playstation 5

Sony jelas merespons peningkatan animo terhadap perangkat gaming portabel selama beberapa tahun terakhir. Nintendo telah berjaya berkat Switch, mendominasi pasar konsol gaming portabel modern, dan Valve juga telah menunjukkan taringnya lewat Steam Deck.

Sukses atau tidaknya perangkat genggam PlayStation ini, akan ditentukan bila orang bersedia mengeluarkan uang untuk perangkat yang hanya terbatas pada streaming game PS5 saja, tidak bisa digunakan secara independen.

Secara sederhana, perangkat ini hanya lahir sebagai opsi media streaming baru saja. Pasalnya, PlayStation 5 sebelumnya sudah dapat streaming ke PC, Mac, perangkat iOS, dan Android. Jadi, akan muncul pertanyaan besar apa perbedaan yang ditawarkan Sony sebagai nilai jual perangkat baru ini. (waf)

Baca juga:

Sony Patenkan Fitur Prediksi untuk PlayStation 5

#Game #PlayStation #Sony
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan