Sontek Cara Orang Sukses Jalani Hari Yuk, tiru cara kerja orang sukses. (foto: pexels-gerd-altmann)

ADAKAH kunci untuk jadi orang sukses? Bisa jadi ada. Meskipun demikian, tak ada satu formula kaku untuk mencapai kesuksesan. Secara umum, orang sukses melakukan hal yang sama untuk tetap terorganisasi dan fokus sepanjang hari. Mereka semua mengikuti rutinitas.

Saat memiliki banyak tugas pada daftar tugas, kamu mungkin merasa kewalahan, bahkan untuk sekadar memulai pun terasa perjuangan. Namun, memiliki rutinitas membuat harimu terstruktur dan memungkinkan kamu melakukan lebih banyak tugas dalam waktu singkat.

BACA JUGA:

Helm Indonesia Unjuk Gigi di Kompetisi Balap Motor Internasional

Stephen Covey dalam buku The Seven Habits of Highly Effective People menulis, 'kuncinya ialah bukan memprioritaskan apa yang ada di jadwalmu, melainkan menjadwalkan prioritasmu'.

Berdasarkan sebuah studi oleh Atlassian, seperti dilansir Entrepreneur.com, lebih dari 40% dari waktu kerja dihabiskan secara tidak produktif. Namun, mengikuti rutinitas dan menerapkan beberapa strategi untuk mengatur hari kamu dapat mengubah hal itu secara dramatis.

Berikut cara untuk mengoptimalkan jadwalmu sekaligus meningkatkan produktivitas.

1. Rencanakan hari kamu di awal

cara produktif orang sukses
Tulis 3 hal yang ingin kamu capai hari ini. (foto: pixabay/kaboompics)

Menurut Attentiv, karyawan rata-rata menghabiskan 13 jam per minggu hanya untuk mengecek alamat e-mail. Jika mengecek e-mail merupakan hal pertama yang kamu lakukan setiap hari, itu akan menyedot seluruh waktumu.

Dalam bukunya, Covey menulis, 'sebagian besar dari kita menghabiskan terlalu banyak waktu pada apa yang mendesak dan tidak cukup pada apa yang penting'.

Jadi sebelum kamu membuka e-mail, luangkan waktu untuk menulis daftar tugas untuk hari itu. Tulis juga hal yang ingin kamu capai di akhir hari. Kamu bahkan bisa menulis daftar itu di akhir hari untuk bersiap esok hari. Perencanaan memungkinkan kamu melakukan lebih banyak dan memastikan pekerjaan yang kamu lakukan merupakan hal tepat.

2. Fokus pada 3 tugas besar dalam sehari

cara produktif orang sukses
Fokus dalam menyelesaikan tugas. (foto: pixabay/stocksnap)

Sangat mudah untuk terjebak dalam keadaan darurat sehari-hari, tetapi penting untuk mengingat tujuan kamu yang lebih besar. Salah satu cara terbaik untuk terbebas dari hal itu ialah fokus pada menyelesaikan tiga tugas dalam hari itu.

Tulislah tujuan besar tersebut di bagian atas daftar dan jadwal harianmu. Hindari gangguan dan jangan biarkan orang mengganggu saat kamu sedang menuntaskan tiga hal tersebut.

Menurut Atlassian, karyawan menghabiskan lebih dari 2 jam setiap hari pulih dari gangguan.

3. Lakukan tugas terburuk

cara produktif orang sukses
Lakukan tugas terberat di pagi hari. (foto: pixabay/shaila19)

Dalam bukunya, The 4-Hour Workweek, Tim Ferriss menulis, 'kesibukan paling sering digunakan sebagai alasan untuk menghindari tugas penting, tapi tidak nyaman untuk dilakukan'. Kamu mungkin akan melakukan apa pun untuk bisa menghindari tugas yang paling kamu benci.

Sayangnya, tugas yang kamu benci itu bisa jadi merupakan yang paling penting. Jadi, alih-alih memikirkan pekerjaan itu sepanjang hari, lebih baik langsung kerjakan di awal hari.

Dengan mengerjakan tugas terberat lebih awal, kamu akan merasa sisa tugas yang lain merupakan hal yang mudah. Harimu pun jadi lebih ringan.

BACA JUGA:

Jessica Alba Masuk dalam Jajaran Direksi Yahoo

4. Susun jadwal untuk tugas besar

cara produktif orang sukses
Blok jadwal untuk fokus pada tugas besar. (foto: pixabay/rawpixel)

Bekerja dari satu tugas ke tugas lainnya membuat kamu terlihat sibuk, tetapi nyatanya tak banyak yang kamu lakukan. Cara terbaik untuk menjadi produktif ialah mengerjakan salah satu tugas besar dalam satu waktu tanpa interupsi. Bloklah jadwalmu untuk fokus pada hal itu.

Mentor kepemimpinan Michael Hyatt menulis, 'pikiranmu dapat fokus untuk waktu terbatas. Curahkanlah untuk memikirkan yang paling penting'.

Menurut sebuah studi dari Florida State University, produktivitas dan kinerja berada di puncak selama 90 menit tanpa gangguan. Oleh karena itu, jadwalkan waktumu selama 90 menit untuk satu tugas penting dan hindari gangguan di waktu itu.

5. Kelompokkan tugas

cara produktif orang sukses
Kelompokkan tugas yang bisa dilakukan bersamaan. (foto: pixabay/whitesession)

Banyak karyawan mengklaim mahir dalam multitasking, tapi itu hanya mitos. Para peneliti di University of Michigan menemukan bahwa produktivitas seseorang akan menurun sebesar 40% ketika mencoba untuk melakukan dua atau lebih hal sekaligus.

Jadi alih-alih mencoba untuk menyelesaikan banyak tugas yang berbeda sekaligus, kelompokkan tugas yang serupa bersama. Mengelompokkan pekerjaan memungkinkan kamu untuk lebih fokus pada tugas di tangan dan membuatmu lebih produktif.

6. Ambil istirahat

cara produktif orang sukses
Istirahat agar lebih produktif. (foto: pixabay/free-photos)

Tidak ada orang yang sangat produktif 24 jam penuh selama seminggu. Sangat penting untuk mengambil istirahat untuk mengistirahatkan otakmu. Dengan cara itu, kamu bisa kembali segar dan siap untuk melakukan lebih banyak.

Dalam The 4-Hour Workweek, Ferris menulis, 'memvariasikan periode aktivitas dan istirahat amat penting untuk bertahan, bahkan berkembang. Kapasitas, minat, dan ketahanan mental seperti lilin yang bisa menguap. Sesuaikanlah rencana kerjamu'.(*)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Single ‘Suar’ Jadi Pengingat untuk Pendengar dari Payung Teduh
ShowBiz
Single ‘Suar’ Jadi Pengingat untuk Pendengar dari Payung Teduh

Payung Teduh kembali dengan single baru berjudul Suar.

Debut Aktor, Penampilan Kang Daniel jadi Siswa Kepolisian
ShowBiz
Debut Aktor, Penampilan Kang Daniel jadi Siswa Kepolisian

Drama terbaru Kang Daniel jadi polisi

4 Kompetensi yang Harus Dikuasai di Dunia Kerja
Fun
4 Kompetensi yang Harus Dikuasai di Dunia Kerja

Empat kompetensi untuk memiliki kemampuan kerja, yaitu academic expertise and skills, self-awareness, adaptability, dan social responsibility.

Kenali Filosofi Kue Tradisional Ikonik Seserahan Hajatan Pernikahan
Hiburan & Gaya Hidup
Kenali Filosofi Kue Tradisional Ikonik Seserahan Hajatan Pernikahan

Hajatan belum lengkap kalau belum ada kue traidisional.

Olahraga Pakai Jaket, Perlukah?
Hiburan & Gaya Hidup
Olahraga Pakai Jaket, Perlukah?

Kabarnya nih, memakai jaket saat berolahraga bisa membakar lebih banyak kalori.

HUAWEI P50 Pro Resmi Hadir, Hadirkan Pengalaman Fotografi Kelas Atas
Fun
HUAWEI P50 Pro Resmi Hadir, Hadirkan Pengalaman Fotografi Kelas Atas

HUAWEI P50 Pro dibanderol dengan harga Rp 14,9 juta.

Kiat Perempuan Sukses di Media Sosial
Fun
Kiat Perempuan Sukses di Media Sosial

Banyak aplikasi yang bisa menambah kreativitas dan keunikan konten.

'Hello Goodboy', Game Terbaru Garapan Developer Indonesia
Fun
'Hello Goodboy', Game Terbaru Garapan Developer Indonesia

Developer Rolling Glory Jam asal Bandung kembali merilis game apik.

Ladies, Kenali 4 Jenis Rambut Rontok
Fun
Ladies, Kenali 4 Jenis Rambut Rontok

Rambut rontok menjadi masalah cukup serius.

Tips Mudah Merawat Mobil Diesel
Hiburan & Gaya Hidup
Tips Mudah Merawat Mobil Diesel

Kenali beberapa tips mudah untuk merawat mobil diesel