Teknologi

Sonos Menambahkan Dukungan Audio DTS ke Home Theater

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 19 November 2021
Sonos Menambahkan Dukungan Audio DTS ke Home Theater
Sonos telah menambahkan dukungan audio DTS ke speaker home theater mereka. (The Verge)

SONOS membawa berita baru kepada penggemar tentang pembaruan suara surround milik mereka. Sonos telah menambahkan dukungan audio DTS ke speaker home theater mereka. Hal tersebut sudah termasuk ke speaker terbaru mereka, seperti Beam dan Arc generasi ke 2 serta perangkat lama mereka, seperti Beam generasi ke 1, Playbar, dan Playbase.

Bagi penggemar yang tidak biasa dengan audio home theater, DTS merupakan solusi dari format suara surround yang sebanding dengan Dolby Digital. Dukungan dari DTS membuat pengguna Sonos bisa mendapatkan manfaat dari suara surround di lebih banyak sumber, misalnya seperti cakram blu-ray yang menggunakan format DTS. Pembaruan itu telah dirilis seminggu setelah Disney mengumumkan bahwa audio DTS akan datang ke layanan streaming Disney Plus di kemudian hari.

BACA JUGA:

Kustomisasi PC Lewat Kartu Grafis iGame GeForce RTX

Pengguna Reddit ada yang telah mencoba fitur tersebut melaporkan bahwa Sonos sepertinya hanya mendukung surround digital DTS standar sehingga pengguna tersebut tidak bisa mendapatkan hasil yang maksimal ketika menggunakan format DTS-HD dan DTS:X berspesifikasi lebih tinggi. Ketika pengguna mencoba memainkan DTS-HD, namun yang diterima hanya DTS biasa saja. Tetapi di aplikasi Sonos sudah menampilkan lencana kecil yang bertuliskan “DTS Surround 5.1” saat sistem speaker memutar format.

Sonos
Lencana 'DTS Surround 5.1' muncul saat audio yang kompatibel sedang diputar. (The Verge)

Kemudian ada gangguan lainnya yang perlu pengguna ketahui, yaitu apakah TV pengguna sudah mendukung audio DTS atau belum, misalnya seperti TV OLED CX dan C1 LG yang masih belum mendukung DTS. Hal ini berarti, jika audio DTS melalui HDMI, maka itu akan menyebabkan masalah.

Sonos
Fitur lainnya ada mode penghemat baterai. (Caschys)

Fitur baru lainnya yang telah diperkenal sebagai bagian dari pembaruan 13.4, yaitu mode penghemat baterai baru untuk produk Sonos yang portable seperti Roam. Ketika fitur itu diaktifkan, secara otomatis speaker akan dimatikan setelah 30 menit. Secara default saat ini hanya ada mode tidur. Layar Now Playing di aplikasi Sonos di iOS juga memberi pintasan baru untuk mengakses pengaturan EQ dan lencana HD baru yang akan muncul saat "audio berkualitas lebih tinggi" sedang diputar.(frs)

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan