Sonic the hedgehog akan tayang di Indonesia pada 26 Februari 2020 (Foto: gamespot)

SEPERTI beberapa film live-action sebelumnya, film yang diadaptasi dari video game kurang diminati oleh penonton bioskop. Bahkan film yang rilis tahun 1993 yakni Super Mario, yang bisa dibilang salah satu franchise paling dikenal dalam sejarah video game, tidak berhasil. Namun, berkat kerja keras dari Paramount Pictures membuktikan bahwa Sonic The Hedgehog bisa berada di puncak box office saat ditayangkan pertama kali akhir pekan lalu, sehingga film tersebut berhasil mencetak sejarah baru.

Baca juga:

Diserang Kritik Warganet, Sutradara akan Revisi Film Sonic the Hedgehog

Melansir dari laman variety, Sonic The Hedgehog menghasilkan USD 58 juta atau lebih dari Rp 798 miliar di Amerika Utara selama akhir pekan pembukaannya. Film juga mendapatkan USD 100 juta atau lebih dari 1,3 triliun secara global. Pencapaian tersebut menggeser film Pokémon Detective Pikachu (2019) di peringkat tertinggi dengan keuntungan mencapai USD 54 juta atau lebih dari Rp 743 miliar.

Hal tersebut bisa menjadi kenyataan untuk Sonic The Hedgehog karena sang sutradara, Jeff Fowler, mendengar kritikan warganet. Saat trailer pertama film ini ditayangkan di YouTube pada Mei 2019, penggemar sonic dan film kecewa atas desain karakter Sonic yang tidak sesuai ekspektasi mereka. Pada akhirnya, film yang memakan biaya produksi hingga USD 85 juta atau lebih dari Rp 1,1 triliun ini mendesain ulang sosok Sonic selama tiga bulan.

'Sonic The Hedgehog' Film Live-Action Video Game dengan Pendapatan Terbesar
Sosok desain Sonic pertama dan terakhir (Foto: ladbible)

Film ini awalnya dijadwalkan untuk debut pada November 2019, tetapi diundur karena memperbaiki tampilan sosok Sonic. Hingga akhirnya, tampilan baru dari sosok Sonic ini mendapat sambutan positif dari para kritikus dan mendapat skor 63% dari rotten tomatoes, 6,9/10 dari IMDb, 46% dari metacritic dan menerima nilai A di CinemaScore saat ini. Untuk sebuah film yang diadaptasi dari video gim, ini adalah rating yang lumayan.

Film ini sudah tayang di Amerika Serikat pada 14 Februari 2020. Di Indonesia sendiri, film ini direncanakan tayang pada 12 Februari, sayangnya pihak distributor takut kalah saing dengan film Milea. Akhirnya penayangan film Sonic The Hedgehog diundur menjadi 26 Februari.

Baca juga:

Kreator Asli 'Sonic' Kurang Puas dengan Desain Terbaru

Awal 2020 memang menjadi hal yang berat bagi film-film asing karena dihadapkan dengan film-film Indonesia yang hype seperti Milea, Teman Tapi Menikah 2, dan Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2. (Arb)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH