Film
'Sonic the Hedgehog 2', Pertualangan Baru Si Landak Biru Pertualangan Sonic berlanjut di film Sonic the Hedgehog 2. (Foto: Paramount Pictures)

FILM Sonic the Hedgehog 2 merupakan sekuel dari seri pertama Sonic yang tayang pada 2020. Film ini mengambil latar tepat setelah akhir dari film live-action perdananya.

Film dibuka dengan Dr. Robotnik (Jim Carrey) yang sangat jahat yang terdampar di Planet Jamur yang terpencil di semesta. Ia, di tengah kesendiriannya, berusaha untuk mencari cara kembali ke Bumi melacak serta memburu Sonic (disuarakan oleh Ben Schwartz).

Setelah berhasil membuka portal untuk menembus semesta, Dr. Robotnik bertemu dengan Knuckles (disuarakan oleh Idris Elba), seekor echidna berbulu merah seperti landak yang datang ke Bumi mencari Master Emerald, permata dengan potensi untuk mengendalikan seluruh alam semesta.

Knuckles sendiri juga memiliki konflik masa lalu sendiri dengan Sonic, maka dari itu ia juga memiliki misi yang sama dengan sang dokter, yaitu memburu si landak biru dan balas dendam.

Baca juga:

Knuckles Tampil Kece di Sekuel 'Sonic the Hedgehog'

Di sisi lain, Sonic tengah menetap dengan aman dan nyaman di Green Hills bersama keluarga barunya, yaitu si polisi Tom (James Marsden) dan istrinya, Maddie Wachowski (Tika Sumpter), yang tengah bersiap untuk pergi ke Hawaii menghadiri pernikahan sepupu Maddie, Rachel.

Seiring berjalannya waktu, Sonic ingin membuktikan bahwa dia memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi pahlawan sejati. Ia ingin memanfaatkan kekuatan super speed-nya untuk membantu orang-orang di sekitarnya dan dunia.

Dengan latar dan ambisi baru Sonic tersebut, tidak salah jika mengatakan film ini memiliki porsi emosional yang cukup mendominasi. Soal pencarian jati diri, Sonic memiliki jalan pemikiran bahwa niatnya untuk membantu orang banyak dengan heroik harus dilakukan dengan cepat tanpa pikir panjang.

Sementara Tom dan Maddie, mereka berusaha mendorong Sonic ke arah perilaku yang lebih bertanggung jawab, mengatakan kepadanya bahwa dia benar-benar 'masih kecil'. Ketidaksamaan pemikiran ini lalu menciptakan sebuah dinamika keluarga yang berkembang, namun tidak terlalu berat lantaran kejenakaan dan humor yang selalu dibawa Sonic.

Setelah duo Dr. Robotnik dan Knuckles berhasil melacak keberadaan Sonic, Sonic kemudian bertemu dan bekerja sama dengan sahabat terbarunya, si rubah kuning yang menggemaskan dan cerdas, Tails (disuarakan oleh Colleen O'Shaughnessey).

Tak hanya melawan duo antagonis terbaru, bersama-sama mereka memulai perjalanan keliling dunia untuk menemukan zamrud sebelum jatuh ke tangan yang salah.

Perlombaan mereka untuk mencari Master Emerald akhirnya membawa mereka kembali ke Hawaii, di mana mereka benar-benar menghancurkan pernikahan Rachel, dengan Robotnik dan Knuckles yang ikut dalam pengejaran.

Baca juga:

Sonic the Hedgehog Jadi Virtual YouTuber

Sutradara Jeff Fowler yang kembali untuk mengarahkan sekuel, menggali antusiasmenya terhadap game klasik Sonic yang eksis sejak 1991. Banyak elemen yang bisa dibilang memberikan penghormatan tersendiri untuk game-nya.

Mulai dari penambahan karakter-karakter yang dicintai oleh para penggemar, pertarungan penuh aksi, jurus-jurus andalan dari masing-masing tokoh, hingga kesederhanaan struktur naratif film yang akrab.

Jalan ceritanya juga memungkinkan pembuat film menumpuk serangkaian insiden yang 'bertubi-tubi', dibalut dengan pacing yang cepat, serta efek visual dan suara yang menggelegar. Ini membuat Sonic the Hedgehog 2 begitu menyenangkan untuk disaksikan di layar lebar.

Dari sisi karakter, Ben Schwartz yang kembali mengisi suara untuk Sonic membawakan penampilan yang jenaka seperti di film pertamanya, membuat si landak biru ini menjadi protagonis yang begitu dicintai oleh penonton.

Schwartz mampu menghadirkan sisi kekanak-kanakan Sonic dan perjalanannya bertumbuh besar dan memaknai tanggung jawab seperti harapan kedua 'orangtuanya' yaitu Tom dan Maddie.

Tokoh lain yang juga dicintai oleh penggemar adalah Dr. Robotnik. Meskipun ia merupakan sosok antagonis, Jim Carrey membawakan penampilan yang rasanya mampu menghipnotis audiens dengan kemampuan akting dan karakteristik komedi yang khas dari karakter ini.

Kejutan besar datang dari Idris Elba yang menyuarakan Knuckles. Watak keras dari si tokoh berbulu merah ini dibawakan dengan intens namun juga tak menyampingkan humor yang sesuai dengan karakternya yang serius.

Sementara Colleen O'Shaughnessey sebagai Tails juga mencuri perhatian dengan tingkahnya yang menggemaskan dan bisa menjadi tokoh sidekick menarik untuk Sonic. Dinamika keduanya dari penggemar-idola ke sepasang sahabat sangat mengasyikkan untuk ditonton.

Secara keseluruhan, film kedua dari adaptasi game populer besutan SEGA ini bisa dibilang sama menawan dan menyenangkannya seperti film pertamanya. Sonic the Hedgehog 2 tayang mulai 6 April 2022 di bioskop Indonesia. (*)

Baca juga:

Idris Elba Jadi Musuh di ‘Sonic the Hedgehog 2’

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Newcastle, Legend Terbaru yang akan Rilis di Apex Legends
Fun
Newcastle, Legend Terbaru yang akan Rilis di Apex Legends

Newcastle akan menjadi legend dengan role defensive pertama di 2022.

5 Cara Ampuh Mengusir Tikus
Fun
5 Cara Ampuh Mengusir Tikus

Tikus tidak akan kembali lagi.

Ketika Kaesang Tonton Persis Solo vs PSS Sleman
Fun
Ketika Kaesang Tonton Persis Solo vs PSS Sleman

Kaesan tampak menikmati pertandingan tersebut.

Makanan Perangsang Otak dan Pencegah Demensia
Fun
Makanan Perangsang Otak dan Pencegah Demensia

Diet MIND memiliki 10 kelompok makanan wajib.

'Drive My Car', Film Internasional Terbaik di Oscar 2022
ShowBiz
'Drive My Car', Film Internasional Terbaik di Oscar 2022

'Drive My Car' masuk dalam empat kategori di Oscar 2022.

Justin Bieber Dilarang Beli Ferrari, Ini Penyebabnya
Hiburan & Gaya Hidup
Justin Bieber Dilarang Beli Ferrari, Ini Penyebabnya

Justin Bieber masuk daftar hitam dan tidak diizinkan membeli Ferrari. Penyebabnya adalah modifikasi Ferrari 459 Italia 2011 yang dilakukannya.

Wifi Down, Akses Internet Negeri Aing Tertutup
Fun
Wifi Down, Akses Internet Negeri Aing Tertutup

Wifi sebagai akses internet, jika rusak maka seolah dunia menutup pintunya.

 Tips Mengenali Tanda Ketidakcocokan Perawatan Wajah
Fun
Tips Mengenali Tanda Ketidakcocokan Perawatan Wajah

Ketika memilih produk untuk perawatan wajah tak melulu seseorang cocok dengan sebuah produk. Karena itu, jangan sembarangan dalam memilih produk dan kenali tanda-tanda ketidakcocokan.

Empat Hari RIlis, ‘Shang-Chi’ Tembus Rp 1,3 Triliun
ShowBiz
Empat Hari RIlis, ‘Shang-Chi’ Tembus Rp 1,3 Triliun

Meraup keuntungan lebih besar daripada yang diharapkan dalam empat hari pertama rilis.

Merasa Kesepian Setelah Bermain Media Sosial? Ini Kata Psikolog
Fun
Merasa Kesepian Setelah Bermain Media Sosial? Ini Kata Psikolog

Semua kesenangan di media sosial seakan hilang begitu saja.