Wisata Indonesia

Sompok Trekking, Wisata Alternatif di Yogyakarta

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 28 November 2018
Sompok Trekking, Wisata Alternatif di Yogyakarta
Pemandangan selama melakukan trekking. (Foto: instagram@ccutomo)

KALAU kamu menyukai kegiatan di luar ruangan. Coba datang ke Sompok Trekking yang ada di Dusun Sompok, Desa Sriharjo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Destinasi wisata alam ini dibangun oleh warganya sendiri. Kalau mengarah ke Imogiri ada baiknya menyempatkan untuk mampir ke desa ini.

Warga mewujudkan ide ini pada awal 2018. Arah Destinasi menuliskan para warga melihat kesempatan dari wisatawan yang semakin banyak datang ke Yogyakarta. Mereka melihat potensi Banyunibo alias air terjun yang dimiliki kampung sebagai obyek wisata. Ide itu seperti disebutkan di laman inovasidesa, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, mendapat sambutan hangat dari seluruh warga dusun di kawasan perbukitan.

sompok
Pesona yang diberikan trekking ini sungguh luar biasa. (Foto: instagram@sompoktracking)

Destinasi wisata disini bukan karena air terjunnya saja yang indah, namun juga cerita yang ada di balik objek wisata ini. Disini terdapat situs batu peninggalan nenek moyang yang diyakini memiliki kekuatan mistis yang akan menjadi magnet bagi wisatawan.

Obyek wisata di tempat ini kemudian dikelola oleh warga lokal. Mereka membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Kebersamaan yang baik sejak awal lahirnya ide membuat para pemuda sangat bersemangat menyulap lereng-lereng bukit di kampung mereka menjadi daerah tujuan wisata. Dalam tiga bulan warga kampung berhasil mengubah semak belukar dan bukit berbatu menjadi area trekking. Mereka kemudian memberi nama Sompok Trekking.

sompok
Destinasi wisata baru di Yogyakarta ini dibangun oleh warga lokal. (Foto: Inovasi Desa/Kemendes PDTT)

Sompok Trekking merupakan jalur trekking pada bukit berbatu dengan pemandangan alam yang indah. Hamparan area perbukitan dan garis pantai selatan membentang melengkapi keindahan jalur tersebut.

Semangat warga lokal bukan hanya membangun destinasi wisata baru di Yogyakarta. Namun mereka juga melengkapi dengan fasilitas yang dibutuhkan oleh tamu-tamu yang datang. Seperti kaum ibu di desa ini menyuguhkan kuliner tradisional khas lokal. (psr)

#Yogyakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan