Wisata

Solusi Traveling Hemat Tetap Fun

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 24 April 2018
Solusi Traveling Hemat Tetap Fun
Bujet hemat masih dapat fun berlibur. (Foto: Pixabay/MabelAmber)

MAU jalan-jalan seperti kebanyakan uang, namun apa daya hanya punya bujet hemat. Jangan takut, karena Anda masih dapat berpergian tentunya dengan pengeluaran terjangkau.

Maka dari itu anda hrus memperhatikan beberapa hal penting, karena nyatanya untuk liburan tak melulu membutuhkan banyak uang banyak jika anda tau cara dan tipsnya.

Berikut tips untuk sobat traveler yang ingin menikmati liburan menyenangkan dengan bujet hemat.

Riset

Melakukan riset merupakan hal yang paling pertama dan paling penting untuk dilakukan. Gunanya adalah untuk memenuhi penyusunan bujet. Ini dimaksudkan untuk mengukurnya dan menyesuaikan dengan kemampuan Anda.

Riset yang harus dicermati adalah menggali sebanyak-banyaknya informasi dari mulai transportasi, penginapan, makan, dan destinasi menarik apa saja yang ada disekitar tempat wisata. Caranya pun beragam, salah satunya dengan berselancar di internet. Beberapa situs memberikan review tentang tempat-tempat wisata terpercaya, salah satunya tentunya yaitu merahputih.com.

traveling
Lakukan riset sebelum berangkat berlibur. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Transportasi Umum

Salah satu cara untuk menghemat bujet adalah menggunakan transportasi umum. Jangan berbicara kenyamanan ruang pribadi, Anda harus berbagi dengan yang lainnya. Namun dari sisi biayanya dapat sangat berhemat.

Terlebih jika menggunakan bus atau kereta api yang tiketnya sudah dapat dipesan jauh-jauh hari dengan sistem pemesanan. Dengan demikian kita mendapat harga yang lebih murah dan ketersediaan kursi yang lebih banyak ketimbang go show.

Memesan tiket jauh-jauh hari atau berburu tiket promosi penerbangan adalah cara tepat untuk dapat menghemat biaya. Bukan tidak mungkin Anda akan mendapat tiket dengan harga yang sangat-sangat murah, dan liburan Anda menyenangkan, aman terkendali.

Jangan Traveling saat Musim Liburan

Jangan pernah melakukan traveling dalam musim liburan bila Anda berniat bepergian dengan bujet hemat. Pada musim liburan biasanya tempat wisata mematok harga yang lebih tinggi dari biasanya, seperti tiket masuk, makanan dan minuman. Selain itu harga penginapan juga pasti melambung tinggi, tak jarang yang kenaikannya mencapai 50%. Belum lagi tujuan wisata Anda akan menarik banyak pelancong pula. Jelas akan membuat pelancongan Anda terganggu. Bisa jadi spot untuk mengambil foto yang bagus pada saat itu pun pasti sulit.

traveling
Lakukan perjalanan malam hari untuk menghemat biaya penginapan. (Foto: Pixabay/StockSnap)

Lakukan Perjalanan di Malam Hari

Trik lainnya yang patut Anda pertimbangkan adalah melakukan perjalanan di malam hari. Dengan melakukan perjalanan pada waktu ini Anda akan menghemat uang penginapan. Di samping itu dapat terbebas dari kemungkinan terjebak dalam kemacetan. Tiba di tempat tujuan pada pagi hari dapat langsung menuju lokasi wisata dan mengeksplorasinya sebelum orang lain berdatangan.

traveling
Carilah penginapan yang menyediakan kamar yang baik. (Foto: radionz)

Penginapan Bujet

Carilah penginapan yang ditujukan untuk para backpacker. Biasanya penginapan jenis ini harganya terjangkau. Lagipula penginapan hanya untuk tempat beristirahat saja. Fasilitas yang ada di hotel pun tidak dibutuhkan. Carilah info penginapan ini bila beruntung bisa mendapatkan penginapan sesuai bujet dan dekat dengan lokasi wisata.

Makan

Harga makanan di tempat wisata biasanya lebih mahal dari makanan yang dijual di luar area. Jelas ini akan membuat Anda harus merogoh kocek lebih dalam. Secara tak langsung pengeluaran untuk makan yang dianggap remeh tapi justu akan menjadi yang paling besar.

Untuk itu sobat traveler yang berpergian dengan bujet hemat harus menyiasatinya dengan membawa bekal makanan dan minuman sebelum memasuki destinasi wisata. Karena dengan begitu dapat menekan pengeluaran yang tak terduga.

Gratis

Ini adalah salah satu kegunaan riset sebelum berangkat. Anda telah memiliki rincian rencana destinasi yang akan dituju. Sangat penting karena akan membuat pengeluaran liburan lebih terukur aman dan terkendali. Banyak penawaran dengan bujet hemat namun tetap menyenangkan. Terlebih banyak pula tempat-tempat menarik di sekitar wisata yang tak perlu bayar untuk kesana alias gratis. Asalkan Anda benar-benar niat untuk menggali informasi tempat akan kunjungi. Dengan begitu akan bisa lebih banyak menghemat bujet, tapi tak lantas mengurangi keseruan liburan anda. (ryn)

#Tips Liburan #Liburan
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan