Solusi Naik Kelas Pelaut Otodidak Indonesia Nelayan tradisional di wilayah Indonesia. Foto: Antara

MerahPutih.com - Pemerintah menawarkan kepada pelaut otodidak untuk mengikuti kursus singkat keselamatan pelayaran karena bagaimanapun juga keamanan di laut sangat penting. Kursus ini juga bertujuan untuk menaikkan standar profesional mereka.

"Bagi pelaut otodidak yang ilmu pelayaran diperoleh dengan belajar sendiri, unsur keselamatan tidak menjadi penting. Untuk itu kami menawarkan kursus singkat ajarkan keselamatan," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, saat meninjau program padat karya Kemenhub di Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, Jakarta, Selasa (1/5).

Nelayan
Nelayan mempersiapkan jaring untuk menangkap ikan setelah libur melaut di muara Kuala Kampung Pande di Banda Aceh, Aceh. Foto: ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Dari hasil kunjungan ke pulau tersebut dan pembicaraan dengan lurah setempat, diketahui banyak nelayan di pulau tersebut juga daerah lain yang selama ini tidak mementingkan unsur keselamatan saat melaut.

Padahal, kata Menhub, mereka selama ini sering seorang diri melaut hingga berhari-hari mencari ikan tanpa memiliki ilmu keselamatan yang memadai. "Kami ingin menawarkan mereka ikut kursus singkat tiga sampai seminggu di Kementerian Perhubungan," ujar dia, dilansir Antara.

Menhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Kemenhub, kata Budi, memiliki sekolah pelayaran di bawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) yang memang salah satu tujuannya mendidik menjadi pelaut yang memiliki sertifikat keamanan.

Menhub mengatakan, setiap tahunnya BPSDN Kemenhub mendidik setidaknya 2.000 hingga 3.000 warga negara Indonesia menjadi pelaut profesional yang memiliki buku pelaut. "Tahun ini kita menargetkan mendidik 100 ribu pelaut dan tahun depan bisa bertambah lagi," katanya.

Nelayan
Pelaut otodidak atau dikenal dengan sebutan nelayan tradisional. (Foto MP/Mauritz)

Budi mengakui saat ini masih banyak pelaut otodidak di sejumlah daerah yang belum mengedepankan unsur keselamatan sehingga secara bertahap diharapkan mereka ikut kursus singkat. (*)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH