Solusi Jangka Pendek dan Panjang Anies Tata Kali Pademangan Usai Longsor

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 21 November 2018
Solusi Jangka Pendek dan Panjang Anies Tata Kali Pademangan Usai Longsor
Gubernur DKI Anies Baswedan saat meninjau lokasi di Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Selasa (20/11) (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengklaim memiliki solusi jangka pendek dan jangka panjang dalam penataan Kali Pademangan, Jakarta Utara usai dilanda longsor.

Untuk solusi jangka pendek, Anies akan segera membangun kembali rumah yang terdampak longsor di bantaran anak kali Ciliwung.

Namun sebelumnya, Pemprov DKI akan membangun dinding penahan tanah terlebih dahulu yang ditargetkan dapat selesai dalam waktu 2 minggu, dengan panjang sekitar 80 meter. Sehingga, solusi jangka pendek dapat benar-benar tuntas.

"Jangka pendeknya adalah tembok terpasang, rumah terbangun kembali dan jalan bisa digunakan, itu nomor satu," kata Anies di Pademangan, Jakarta Utara, Selasa (20/11).

Rumah ambles di Pademangan. Foto: Youtube

Sementara itu, Anies berkata, untuk solusi jangka panjang, Pemprov DKI Jakarta berencana akan melakukan penataan kawasan di Jakarta, terutama yang berada di daerah bantaran kali atau daerah aliran sungai khususnya bantaran Kali Pademangan.

Namun, tugas Pemprov DKI Jakarta saat ini memastikan tanah di lokasi longsor tersebut aman dan warga yang rumahnya terdampak longsor bisa bermukim kembali di sana.

"Kita nanti bicara jangka panjang tentang penataan kawasan, bukan hanya penataan untuk 8 keluarga ini (bantaran kali Pademangan) Jadi, supaya adil. Penataan seluruh lingkungan, dan penataan bukan pemerintah yang mendikte. Kita akan duduk bersama-sama," ungkapnya. (Asp)

#Anies Baswedan
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan