Solusi Banjir ala Anies Baswedan

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Jumat, 03 Mei 2019
Solusi Banjir ala Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membocorkan beberapa program-program yang mutakhir untuk menuntaskan permasalahan banjir yang melanda ibu kota.

"Satu adalah sumber banjir karena air dari hulu. Itu solusinya dengan membangun lebih banyak kolam-kolam retensi waduk dam. Sehingga air dari hulu bergerak ke Jakarta lebih terkontrol," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Jakarta, Jumat (3/5).

Banjir. (ANTARA FOTO/Risky Andianto)
Banjir. (ANTARA FOTO/Risky Andianto)

Kemudian, yang kedua penyebab banjir di Jakarta yaitu meningkatkan permukaan air laut yakni banjir Rob. Salah satu solusi menanggulangi Banjir Rob dengan membuat pembangunan tanggul pesisir Jakarta.

Tanggul itu nantinya berfungsi untuk menjaga atau menghadang luapan air laut saat Banjir Rob. "Caranya adalah dengan meneruskan pembangunan tanggul di pesisir Jakarta," jelasnya.

Kemudian, penyebab ketiga terkait dengan banjir akibat turunya air hujan dari langit. Solusi untuk mengentaskan banjir karena air hujan dengan program andalan Pemprov DKI, drainase vertikal atau sumur resapan.

"Wilayah-wilayah yang tanahnya itu mampu menyerap air, di situ kita bangun program drainase vertikal untuk tanah-tanah yang bisa menyerap air dengan baik," tuturnya. (Asp)

Baca Juga: Pemprov DKI Akui Drainase Vertikal Tak Mampu Atasi Banjir Kiriman

#Anies Baswedan #Banjir Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan