Solusi Ampuh Agar Mendapatkan Tidur yang Berkualitas Sangat mudah untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. (Foto: Unsplash/Kinga Cichewicz)

TIDUR sangat penting bagi kesehatan fisik maupun mental seseorang. Tidak hanya kuantitas tidur yang cukup, kualitas tidur juga perlu diperhatikan. Tidur berkualitas berarti tidur nyenyak dengan waktu yang cukup. Kualitas tidur malam yang baik akan membuat kamu merasa segar keesokan harinya. Kamu dianjurkan untuk terus berusaha memperbaiki kualitas tidur.

Melansir dari laman alodokter, berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memperoleh tidur berkualitas sehingga terhindar dari mengantuk di tempat kerja saat siang hari.


Baca Juga:

Susah Tidur? Terapkan Cara Mujarab Ini


Tidur nyenyak

tidur
Kalau mau tidur jangan lapar atau kekenyangan. (Foto: Pexels/rawpixel.com)


Kamu dapat melakukan hal-hal sederhana seperti menempelkan jadwal tidur untuk mengingatkan pada jam tidur. Selain itu usahakan untuk tidak tidur ketika lapar atau terlalu kenyang. Ciptakan suasana yang tenang untuk tidur dan tekan rasa khawatir sebelum tidur dengan bersantai sejenak sebelum tidur, mandi air hangat atau menenangkan pikiran sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur.


Jauhkan gangguan

tidur
Simpan laptop kamu bila sudah ada di tempat tdiur. (Foto: Unsplash/Victoria Heath)


Disaranakan untuk tidak membaca, menonton TV, bermain video gim, atau menggunakan komputer/laptop di tempat tidur sebelum tidur. Kamu juga tidak dianjurkan berdiskusi atau melakukan transaksi pembayaran. Hal-hal ini dapat membuat kamu tidak bisa tidur.


Olahraga

olahraga
Olahraga teratur akan membantu mendapatkan kualitas tidur yang baik. (Foto: Pixabay/skeeze)


Olahraga sekitar 30 menit setiap hari secara rutin, seperti aerobik, akan membuat kamu lebih mudah tertidur dan tidur lebih nyenyak. Pilih olahraga yang sesuai dengan hobi kamu, olahraga dapat membantu tubuh kamu menjadi lebih rileks dan meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga:

Yuk Mulai Rutin Jogging!


Waktu makan yang teratur

makan
Usahakan dengan waktu makan yang teratur. (Foto: Pexels/Public Domain Picture)


Waktu makan yang teratur mampu membantu mengatur ritme sirkadian atau jam biologis tubuh. Sarapan dan makan siang yang sehat dan tepat waktu juga mampu mencegah defisit atau kekurangan energi di siang hari, yang dapat memperparah rasa kantuk. Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan antara 2 sampai 3 jam sebelum kamu tidur.


Kalau sudah mengantuk baru tidur

tidur
Lelah dan mengantuk adalah dua hal yang berbeda. (Foto: Pexels/Elias Ficavontade)


Jika kamu pergi tidur disaat sedang merasa lelah, memungkinkan kamu untuk tidak bisa tertidur. Kamu harus bisa membedakan antara perasaan kantuk dan perasaan lelah. Disarankan untuk tidur saat kamu mengantuk dengan mengenali tandanya yakni saat mata meneteskan air mata saat menguap atau tubuh mulai terasa kurang semangat untuk beraktivitas. (lgi)


Baca Juga:

Jangan Malu Sobat Ambyar, Ternyata Menangis Memiliki Banyak Manfaat!

Kredit : leonard


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH