Solo Zoo Raup Untung Rp 1,3 Miliar Selama Libur Lebaran

Mula AkmalMula Akmal - Jumat, 13 Mei 2022
Solo Zoo Raup Untung Rp 1,3 Miliar Selama Libur Lebaran
Direktur Utama TSTJ, Bimo Wahyu Widodo. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo, Jawa Tengah mencatat pemasukan yang signifikan dari jualan tiket masuk kebun binatang dan konservasi selama libur panjang Lebaran 2022. Total pendapatan jualan tiket Solo Zoo mencapai Rp 1,3 miliar.

Direktur Utama TSTJ, Bimo Wahyu Widodo, mengatakan sebanyak 52.000 pengunjung memadati Solo Zooo saat libur Lebaran. Data pengunjung tersebut terhitung mulai dari tanggal 2-8 Mei atau selama tujuh hari.

Baca Juga:

Libur Lebaran, Solo Zoo Targetkan 50 Ribu Orang Pengunjung

"Selama tujuh hari operasional Solo Zoo pada Libur Lebaran dikunjungi 52.000 pengunjung," ujar Bimo, Jumat (13/5).

Membludaknya pengunjung tersebut, sambungnya, dikarenakan adanya pelonggaran aturan PPKM Level 2 di Kota Solo dan diperbolehkannya masyarakat mudik Lebaran oleh pemerintah.

"Jadi diperbolehkannya masyarakat mudik Lebaran oleh pemerintah berdampak signifikan melonjaknya pengunjung Solo," kata dia.

Ia mengatakan pengunjung mulai banyak berdatangan pada hari kedua Lebaran. Puncaknya pada Minggu (8/5) sebanyak 9.000 orang.

"Untuk harga tiket masuk Solo Zoo Rp 25.000 per orang. Harga tiket ini sangat terjangkau," katanya.

Pengunjung Solo Zoo menikmati wahana naik kuda saat libur Lebaran, Rabu (4/5). (MP/Ismail)
Pengunjung Solo Zoo menikmati wahana naik kuda saat libur Lebaran, Rabu (4/5). (MP/Ismail)

Ia mengatakan jumlah pengunjung diprediksi masih lebih banyak dari kunjungan hari biasa sebab masih ada hari raya keagamaan berikutnya selama Mei diantaranya Libur Waisak pada Senin (16/5).

Diakuinya, meskipun Lebaran telah usai, pengunjung Solo Zoo masih lumayan banyak. Hal ini menguntungkan Solo Zoo sebelum ditutup total mulai 1 Juli 2022 karena dimulai pelaksanaan revitalisasi selama 6 bulan.

"Kami menargetkan pada bulan Mei targetnya 100.000. Manajemen sangat optimistis bisa terpenuhi," kata dia.

Bimo menambahkan pemasukan uang dari penjualan tiket ini diperuntukan untuk membeli pakan hewan serta gaji pegawai dan dokter hewan. Selain itu, pemasukan hasil jualan tiket disetorkan ke Pemkot Solo.

"Jika nanti Solo Zoo ditutup total mulai 1 Juli karena dilakukan revitalisasi kami tidak punya pemasukan," pungkasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Solo Zoo Direvitalisasi, Pakan Hewan dan Gaji Karyawan Ditanggung Dana BTT

#Solo
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan