Solo Tunggu Kiriman Vaksin COVID-19 Buat Vaksinasi Tahap 2

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 19 Februari 2021
Solo Tunggu Kiriman Vaksin COVID-19 Buat Vaksinasi Tahap 2
Vaksinasi COVID-19 di Solo, Jawa Tengah (Foto: MP/Ismail)

MerahPutih.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah, memastikan vaksinasi COVID-19 tahap kedua akan dimulai pada akhir Februari. Untuk sasaran vaksinasi tahap kedua adalah pelayan publik, seperti guru, aparatur sipil negara (ASN), TNI/Polri, tokoh agama, dan media.

Kepala Dinas Kesehatan Solo (DKK) Solo Siti Wahyuningsih mengatakan, sesuai jadwal yang telah disusun untuk vaksinasi Sinovac di Solo tahap dua dilaksanakan pada akhir bulan ini. Namun demikian, terkait kuota vaksin belum bisa memastikannya karena vaksin belum dikirim Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemprov Jawa Tengah.

Baca Juga:

Pemerintah Daerah Tunggu Arahan Pusat Soal Vaksinasi Tahap II

"Vaksinasi Corona tahap kedua Solo akan dimulai pekan terakhir Februari. Untuk vaksin Sinovac akan dikirim Dinkes Jawa Tengah dalam waktu dekat," ujar Ning, Jumat (19/2).

Pendataan penerima vaksin tahap kedua masih terus dilakukan dengan meminta data dari instansi terkait seperti perusahaan media, guru, ASN, TNI/Polri, dan tokoh agama. Terkait data guru, ia akan mengambil data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Kalau data tokoh agama, mengambilnya dari Kemenag (Kementerian Agama). Selanjutnya data ditarik oleh Pusdatin dan dikirim ke KPCPEN (Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional) dan diverifikasi NIK KTP-nya," papar dia.

Mereka yang terdaftar penerima vaksin tahap kedua, lanjut dia, akan mendapatkan SMS blast dan menerima vaksin sesuai jadwal yang telah ditentukan. KPCPEN juga akan menampilkan data di dashboard penerima vaksin prioritas.

Kepala Dinas Kesehatan Solo (DKK) Solo Siti Wahyuningsih. (Foto: MP/Ismail)
Kepala Dinas Kesehatan Solo (DKK) Solo Siti Wahyuningsih. (Foto: MP/Ismail)

"Misalnya, pada bagian teratas adalah TNI/Polri, kemudian disusul tenaga kependidikan, dan seterusnya," ucap dia.

Ia mengaku pada vaksinasi tahap kedua dikabarkan juga menyasar kalangan lanjut usia (lansia). Namun, berapa lansia yang dapat vaksin masih menunggu pendataan dan verifikasi.

"Untuk teknis lokasi penyuntikan vaksin tahap kedua tidak jauh berbeda dengan vaksinasi tahap pertama yang menyasar nakes, yakni dilakukan di 38 fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan," tutup dia. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Masuk Vaksinasi Tahap 2, Jabar Belum Dapat Jatah Alokasi Vaksin COVID-19

#Vaksinasi #Vaksin Covid-19 #COVID-19
Bagikan
Bagikan