Solo Traveler, Ini Tantangan Packing yang Harus Kamu Ketahui! Kamu bebas, tapi jangan sampai packing berantakan (Foto: Pexels/Catarina Sousa)

MENJADI solo traveler memang sangat menyenangkan. Kamu memiliki kendali penuh dalam setiap perjalanan. Kalau lelah kamu bebas beristirahat. Kalau masih kuat hajar terus, tanpa ada yang mengatur.

Namun, solo traveler memiliki satu tantangan yang harus dilewati. Yaitu saat packing. Asal kamu tahu packing merupakan bagian dari pelancongan yang susah-susah gampang. Apalagi kalau kamu melancong sendirian. Semua harus dilakukan sendiri.

Jadi apa saja tantangan packing yang harus kamu lewati? Berikut jawabannya.

1. Perlengkapan mandi dan grooming

Perlengkapan mandi sebaiknya di bawa dari rumah (Foto: Pexels/PhotoMIX LTD.

Karena kamu melancong sendirian cobalah lebih bijaksana. Jangan membatasi perlengkapan mandi dan grooming. Bawa semuanya, dari sikat gigi hingga krim cukur. Memang, semuanya bisa dibeli di dekat tempat penginapan. Tapi karena kamu sendirian, agar lebih praktis perlengkapan mandi dan grooming harus sudah dipersiapkan dari rumah. Lagipula kamu bisa menghemat pengeluaran kan.

2. Melengkapi segala keperluan

Kenyamanan perjalanan bergantung kamu sendiri (Foto: Pexels/Spencer Slover)

Kamu tidak bisa bergantung dengan orang lain. Ingat kamu sendirian. Kalau tidak sendirian kamu masih bisa meminjam beberapa barang dari teman kamu. Contohnya seperti jaket. Kalau pergi dengan teman kamu bisa meminjam jaket dengan teman kamu itu. Jadi sangat penting kamu tidak melupakan segala keperluan kamu. Intinya kamu harus sadar, kenyamanan perjalanan kamu ya bergantung kamu sendiri.

3. Ingat dengan barang bawaan

Tas jangan sampai ketinggalan saat turun dari pesawat (Foto: Pexels/Pixabay)

Kamu harus fokus dengan barang bawaan kamu. Ingat barang apa saja yang kamu bawa. Berapa jumlah tas. Apalagi bagi pria yang suka membawa tas selempang kecil. Misalnya saat turun dari kereta atau pesawat. Tidak ada yang akan mengingatkan barang bawaan kamu. Agar lebih mudah, selalu buat daftar barang bawaan pada selembar kertas.

4. Barang elektronik dan gawai

Manfaatkan colokan kabel multifungsi (Foto: Pexels/Pixabay)

Di zaman serba canggih ini barang elektronik sudah menjadi salah satu perlengkapan melancong. Nah, lagi-lagi kamu harus menentukan barang elektronik penting apa yang harus kamu bawa. Tentu saja gawai dan kamera bukan? Lalu, tidak perlu juga membawa setiap charger untuk setiap gawai. Kamu bisa memanfaatkan colokan kabel multi fungsi. Belinya gampang, sudah banyak dijual secara daring atau di setiap toko elektronik.

Sahabat Merah Putih, itulah tantangan packing yang harus kamu lewati. Tidak perlu khawatir, meskipun terdengar sulit kamu bisa menimkati hasilnya nanti. Ya, solo traveler selalu memiliki kesan tersendiri. (ikh)

Baca juga: Ibu-Ibu Boleh Solo Traveling Asal. . .

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH