Solo Masih Level 4, Polresta Surakarta Larang Warga Adakan Lomba HUT RI

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 03 Agustus 2021
Solo Masih Level 4, Polresta Surakarta Larang Warga Adakan Lomba HUT RI
Warga memasang bendera Merah Putih untuk memeriahkan HUT ke-76 RI, Minggu (1/8). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Presiden Jokowi resmi mememperpanjang PPKM Level 4 pada tanggal 4-9 Agustus. Untuk di Solo sendiri masih berstatus Level 4 COVID-19.

Atas dasar tersebut Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak malang warga mengadakan lomba HUT ke-76 di kampung dan melarang acara tirakatan atau tasyakuran malam HUT RI.

"Semua kegiatan kemasyarakatan untuk memperingati hari kemerdekaan ke-76 dilarang di Solo," ujar Ade, Senin (2/8).

Baca Juga:

4 Fakta yang Bikin HUT RI Selalu Menarik

Dikatakannya, Solo saat ini masih dalam kondisi pandemi COVID-19. Ia pun meminta masyarakat tidak melakukan kegiatan yang dapat memicu kerumunan, seperti malam tirakatan dan lomba-lomba seremonial di kampung.

"Situasi Solo masih pandemi level 4. Jadi tidak perlu mengadakan lomba-lomba dan tirakatan guna menyemarakan hari kemerdekaan," katanya.

Mengantisipasi terjadi kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan, kata dia, jajaran Polresta Solo bersama Satgas COVID-19 akan melakukan patroli hingga ke kampung-kampung. Patroli ini untuk memonitoring kegiatan masyarakat, baik kegiatan sosial maupun perekonomian.

"Kami akan lakukan patroli untuk memastikan tidak ada warga yang mengadakan lomba-lomba dan tirakatan," tutur dia.

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak. (MP/Ismail)
Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak. (MP/Ismail)

Kapolresta mengungkapkan, jika Solo ini tengah memerangi virus corona varian delta, yang resiko penularannya lebih agresif. Meski ada larangan, diharapkan nilai-nilai nasionalisme dari masyarakat untuk tidak luntur.

"Jadi yang berubah hanya tatacaranya, makna peringatannya tetap sama. Nasionalisme tetap ada. Warga saya minta untuk tetap patuhi prokes 5M," terang dia.

Ia menambahkan pihaknya belum memastikan bagaimana pelaksanaan peringatan HUT ke-76 RI tingkat kota. Sementara itu, pengalaman tahun lalu, Forkopimda mengadakan upacara secara virtual. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Ubud dan Dua Destinasi Wisata Lainnya di Bali Mulai Terima Turis Asing 17 Agustus 2021

#HUT RI #17 Agustus #Hari Kemerdekaan #PPKM Level 1-4
Bagikan
Bagikan