Solo KLB COVID-19, Warga Tetap Adakan Salat Idul Fitri di Masjid Warga di kampung Jebres, Kecamatan, Jebres, Solo, Jawa Tengah adakan salat Idul Fitri di Masjid, Minggu (24/5). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Sejumlah masjid di kampung wilayah Solo, Jawa Tengah tetap menggelar salat Idul Fitri berjamaah di masjid, Minggu (24/5). Padahal, sebelumnya Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dan Kementerian Agama (Kemenag) Solo mengimbau agar salat Idul Fitri diadakan rumah masing-masing dengan keluarga inti.

Pantauan merahputih.com, masjid yang mengadakan salat Idul Fitri diantaranya di Kampung Demangan, Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon dan Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Solo.

Baca Juga:

Jokowi Akui Lebaran 2020 Terasa Berat Lantaran Ada Pandemi Corona

Pelaksanaan salat Idul Fitri hanya dikhususkan bagi warga kampung setempat dengan memberlakukan protokol kesehatan.Warga dari luar kampung di larang ikut salat Idul Fitri.

Kepala kantor depag Kota solo
Kepala Kemenag Solo, Jawa Tengah, Musta'in Ahmad. (MP/Ismail)

"Warga kampung sepakat mengadakan salat Idul Fitri di masjid kampung dengan jumlah jamaah tidak begitu banyak. Kami juga melarang warga luar kampung ikut salat Idul Fitri," ujar pengurus masjid Masjid Jami Aq Taqwa, Kampung Demangan, Solikin.

Ia mengatakan selama berlangsungnya salat Idul Fitri semua akses jalan kampung ditutup dan dijaga petugas Linmas. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi adanya warga luar kampung ikut salat Idul Fitri disini.

"Alhamdulilah salat Idul Fitri berjalan lancar. Semua warga yang ikut salat harus dalam kondisi sehat," kata dia.

Kepala Kemenag Solo, Musta'in Ahmad, mengaku total ada sebanyak 706 masjid di Solo yang terdata di Kemenag Solo. Dari banyaknya masjid tersebut tidak ada satu pun yang mengajukan izin mengadakan salat Idul Fitri 1441 H.

"Saya lihat masjid besar di Solo seperti Masjid Agung Keraton Surakarta dan Masjid Al Wusto Mangkunegaran tidak mengadakan salat Idul Fitri," kata Musta'in.

Baca Juga:

Pemprov DKI Peringatkan Warga Disiplin Berlebaran di Rumah

Ia menambahkan sebelumnya telah menggeluarkan imbauan salat Idul Fitri diadakan di rumah masing-masing karena Solo berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB) COVID-19.

"Kalau ada yang mengadakan salat Idul Fitri jika terjadi sesuatu bukan tanggungjawab Kemenag Solo," tutup Musta'in.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Presiden Jokowi Salat Id di Wisma Bayurini, Kompleks Istana Bogor



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH