Solo Jadi PPKM Level 2, Gibran: Pengawasan PTM Diperketat

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Selasa, 05 Oktober 2021
Solo Jadi PPKM Level 2, Gibran: Pengawasan PTM Diperketat
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Selasa (5/10). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Status Kota Solo menjadi PPKM level 2 dari sebelumnya level 3. Hal itu tertuang dari Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No 48 Tahun 2021 tentang PPKM Jawa-Bali

Menanggapi turunya Level 2 tersebut, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku berterima kasih pada TNI dan Polri atas kerja kerasnya selama pandemi dan melakukan serbuan vaksinasi.

"Selama masa pandemi dilakukan serbuan vaksinasi di Solo, sekarang sudah turun ke PPKM level 2. Ini kerja keras TNI luar biasa," ujar Gibran pada awak media di Makorem 074/Warastratama Surakarta, Selasa (5/10).

Baca Juga

Mulai Hari Ini Solo Zoo Tutup, Nasib Pakan Ratusan Hewan Diklaim Masih Cukup

Diakuinya, pada level 2 ini ada beberapa pelonggaran yang akan dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo. Ia pun membocorkan pelonggaran tersebut diantaranya membolehkan anak di bawah 12 tahun masuk mall dan tempat wisata.

"Pelonggaran beberapa kegiatan. Anak dibawah 12 tahun boleh masuk mall. Tempat karaoke, tempat olahraga tertutup, dan tempat hiburan boleh buka menggunakan aplikasi PeduliLindungi," kata dia

Objek wisata Solo Zoo masih sepi pengunjung di tengah pelaksanaan aturan PPKM Level 3, Minggu (3/10). (MP/Ismail)

Namun demikian, ia meminta pada awak media agar menunggu terbitnya SE Wali Kota Solo. Ia menegaskan dalam PPKM level 2 ini ada instruksi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk lebih surveilans atau pengawasan di sekolah-sekolah.

"Sudah ada Intruksi pada sekolah-sekolah untuk surveilans di tiap sekolah dan kampus. Kita pastikan tidak ada klaster sekolah," kata dia.

Gibran mengingatkan pada masyarakat untuk tetap menjaga PPKM level 2 ini dengan baik, salah satunya dilakukan dengan tetap mematuhi prokes 5M. Ia juga berterima kasih pada warga Solo atas dukungannya terutama dalam vaksinasi dan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) lancar.

"Eman-eman (sangat disayangkan) level 2 kalau prokes tidak dijaga. Kerja keras kita beberapa bulan ini harus dipertahankan," pungkasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

#Gibran Rakabuming #Level PPKM #PPKM #PPKM Darurat #PPKM Level 1-4 #Perpanjangan PPKM Darurat
Bagikan
Bagikan