Musik

'Solitude', Senandung Sendu Sade

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 24 Agustus 2021
'Solitude', Senandung Sendu Sade
Sade Susanto rilis 'Solitude'. (foto: istimewa)

SETELAH single U Got Me dan Don’t Control Me yang rilis pada 2020, penyanyi muda R&B Sade Susanto kembali dengan single terbarunya, Solitude, masih di bawah naungan JUNI Records.

“Aku selalu bersemangat setiap Sade merilis lagu baru. Sade selalu penuh dengan kejutan. Waktu mendengarkan demo Solitude, aku bisa langsung hafal, hook dalam lagu ini terekam mudah di kepala,” kata CEO JUNI Records Adryanto Pratono dalam keterangan resmi yang diterima Merahputih.com, Jumat (20/8).

BACA JUGA:

Ed Sheeran Siap Rilis Album 'Equals (=)' Oktober 2021

Lirik yang lebih terasa rapuh, tidak menggebu-gebu pada Solitude, seperti menggambarkan semua kesedihan seorang Sade tentang patah hati dan kesendirian.

“Lagu ini menjadi lagu patah hati pertama aku tulis apa adanya. Enggak ada tuh, painting sad stories in happier colors. Ada kan beberapa patah hati yang hadir bukan untuk ditepis, melainkan untuk diresapi,” ungkap penyanyi kelahiran 1998 tersebut.

sade susanto
Sade Susanto rilis lagu Solitude. (foto: Instagram @sadesusanto)

'If two is a crowd then why do I feel so alone?’ merupakan prolog yang sesuai untuk menggambarkan lagu ini. Solitude ditulis Sade pada 2018, ketika ia baru saja mejalani hubungan yang terasa hanya sepihak.

Ia dan seorang pria menjalankan hubungan yang semuanya seolah-olah baik-baik saja, tetapi jauh di lubuk hati, Sade tahu bahwa ada yang salah dan disembunyikan darinya. Hingga akhirnya, ia memutuskan untuk berpisah.

BACA JUGA:

Selepas Daniel Mardhany, Deadsquad Sudah Punya Vokalis Pengganti

Dari segi aransemen , Sade membuatnya lebih sederhana cenderung simple. Hal itu dimaksudkan untuk menyoroti kemampuan vokalnya. Untuk itu, ia dibantu Heston Prasetyo sebagai produser dan vocal director.

Solitude menjadi lagu pertama yang Sade rancang dari nol. Ini cukup berbeda dari Sade biasanya. Biasanya, sang produser dan beat maker terlebih dahulu memberikan beat kosong yang mengharuskan Sade untuk melakukan penyesuaian lirik lagu terhadap aransemen mereka.

“Untuk karya ini, semua elemen dasarnya datang dari aku sendiri. Mulai dari pemilihan chord, penulisan lirik, hingga konsep lagu. Menjadikan lagu ini favorit yang aku tulis hingga saat ini,” lanjut Sade.

Solitude kini sudah bisa didengarkan hari ini di layanan digital streaming platforms seperti Spotify, Apple Music, JOOX, Deezer, YouTube Music, dan Langitmusik.(far)

BACA JUGA:

‘This Is Indonesia’ Trending di Enam Negara

#Musik
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan