Solidaritas terhadap Rohingya, Seniman Minang Turun ke Jalan Pengungsi Rohingya berjalan di jalan berlumpur setelah melewati perbatasan Bangladesh-Myanmar di Teknaf, Bangladesh, Jumat (1/9). (ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammad Ponir Hossain)

MerahPutih.com - Puluhan seniman Minang menggelar aksi penggalangan dana sebagai wujud solidaritas terhadap umat muslim Rohingya yang digelar di beberapa titik di Kota Padang, Sumatera Barat.

Koordinator kegiatan Putra Awie di Padang, Kamis (7/9), mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu wujud kepedulian untuk membantu meringankan beban umat muslim Rohingya.

"Dalam kegiatan ini kita tidak hanya melihat masyarakat Rohingya sebagai umat muslim, akan tetapi perlakuan terhadap mereka sudah di luar batas kemanusian," tambahnya.

Ia menyebutkan melihat perlakuan yang diterima oleh etnis Rohingya yang ramai diberitakan di media massa, maka para seniman Minang bersepakat untuk mengadakan aksi solidaritas ini.

Aksi solidaritas ini digelar serentak di beberapa titik di Kota Padang seperti di kawasan Simpang Haru, depan Transmart dan dekat SPBU Ampang.

"Untuk beberapa daerah lain seperti Bukittinggi daan Batusangkar juga akan menggelar aksi serupa, akan tetapi waktu dan tanggalnya belum dipastikan," ujarnya.

Penyanyi Minang Vany Vabiola mengatakan melalui aksi ini sedikit banyaknya diharapkan dapat mengurangi beban yang diderita oleh etnis rohingya.

Selain itu, ia mengharapkan agar ketidakadilan yang diterima oleh umat muslim Rohingya dapat segera berakhir dan mereka dapat kembali hidup dengan normal.

Seniman lain, Al Glory mengemukakan aksi solidaritas ini rencananya akan digelar hingga beberapa hari ke depan.

"Hari ini digelar pada tiga titik, hari jumat satu titik, Sabtu di dua titik dan terakhir hari Minggu di satu titik, sementara untuk puncak acara masih dalam pembicaraan," jelas dia. (*)

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH