Solidaritas Kemanusiaan Harus Transparan Agar Tak Salah Sasaran

Luhung SaptoLuhung Sapto - Minggu, 22 Mei 2016
Solidaritas Kemanusiaan Harus Transparan Agar Tak Salah Sasaran
Wakil Ketua Lembaga Dakwah PBNU Maman Imanulhaq (Facebook Maman Imanulhaq)

MerahPutih Nasional - Kota Aleppo merupakan basis kelompok militan ISIS. Solidaritas kemanusiaan dalam #SaveAleppo jangan sampai salah sasaran. 

Oleh karena itu solidaritas kemanusiaan yang digaungkan melalui solidaritas #SaveAleppo harus tetap transparan dan akuntabel.

"Konflik Suriah adalah konflik politik bukan agama. Misi kemanusiaan ke Suriah harus didukung untuk membantu rakyat kecil di Suriah yang menjadi korban. Tapi semua bantuan harus transparan dan akuntabel agar bantuan tidak salah sasaran,"  kata Wakil Ketua Lembaga Dakwah PBNU Maman Imanulhaq dalam siaran pers, Sabtu (21/5) malam.

Maman menambahkan solidaritas #SaveAleppo yang ramai di dunia maya sangat menggugah publik untuk peduli kepada para korban bom di Suriah akibat konflik yang berkepanjangan. Solidaritas tersebut merupakan aksi mulia yang menjadi misi kemanusiaan, tuntunan keagamaan dan, sebagai orang Indonesia, ini sesuai tujuan konstitusional yaitu ikut serta dalam perdamaian dunia. 

Solidaritas #SaveAleppo harus transparan dan akuntabel sebab tahun 2015 Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) pernah meneliti 11 lembaga yang biasa menyalurkan bantuan dana kemanusiaan. Hasilnya, dari 11 lembaga yang diteliti, hanya 3 yang mengantongi izin. 

"Solidaritas #SaveAleppo harus jelas terkait pengumpulan dananya dapat berapa, untuk siapa, dan digunakan untuk apa. Akuntabilitas dan transparansi perlu dilakukan, agar sumbangan tersebut sampai kepada yang berhak," imbuh Maman. 

Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKB ini meminta selain melakukan pengumpulan dan pengawalan penyaluran bantuan, publik harus mendorong pemerintah untuk ikut serta dalam perdamaian di Timur Tengah dengan meminta Dewan Keamanan PBB untuk aktif, dalam mendorong perdamaian di Suriah.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, sebuah rumah sakit di Aleppo dibombardir oleh pasukan Presiden Bashar al-Assad yang didukung Rusia. Akibat serangan itu, ratusan korban tewas. Dari peristiwa itulah muncul solidaritas #SaveAleppo yang ditindaklanjuti dengan penggalangan dana bantuan oleh beberapa pihak.

BACA JUGA:

  1. Masyarakat Diminta Cermat Menyumbang #SaveAleppo
  2. Prof Murodi: Yang Ingin Mengganti Pancasila, Silakan Keluar dari NKRI
  3. Pancasila dan Islam Sejiwa, Pemerintah Jangan Ragu Tindak Pelaku Teror
  4. Pancasila Harus Diterapkan dalam Setiap Sendi Kehidupan
  5. GP Ansor: Spanduk Propaganda Khilafah Akan Ditertibkan

 

 

#ISIS #Maman Imanulhaq
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan