Sohibul Iman Sebut Pemilih PKS Dukung Anies jadi Capres 2024

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 21 Juni 2022
Sohibul Iman Sebut Pemilih PKS Dukung Anies jadi Capres 2024
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. ANTARA/Anggi Mayasari

MerahPutih.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melakukan survei internal terkait sosok calon presiden (capres) 2024. Hasilnya, mayoritas pemilih PKS mendukung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai capres.

"Hasil survei, banyak pemilih PKS cenderung kepada Anies Baswedan," ucap Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Mohammad Sohibul Iman di Jakarta, Senin (20/6).

Baca Juga

Rampimnas Selesai Besok, Lusa Elite PKS Bakal Sambangi Markas NasDem

Namun, lanjut dia, selain nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, terdapat pula nama Prabowo Subianto, Sandiaga Uno, hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Meskipun demikian, kata Sohibul, hasil survei itu belum dapat dipastikan sebagai bakal calon yang diusung. Dalam forum rapat pimpinan nasional (rapimnas), akan disiapkan sesi.

Nantinya, panitia meminta kepada para ketua dewan pimpinan wilayah (DPW) se-Indonesia untuk menyampaikan pendapat terkait dengan capres yang kondusif dan memberikan efek pada PKS.

"Kemungkinan mereka menyebutkan tiga nama," kata Sohibul dikutip Antara

Selain itu, mereka juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan partai-partai mana yang kondusif untuk jadi koalisi PKS sesuai dengan kondisi daerah masing-masing.

Baca Juga

Syaikhu: PKS Bakal Cari Mitra Koalisi yang Setara

Sohibul mengungkapkan PKS telah memutuskan dalam musyawarah Majelis Syuro, menokohkan Salim Segaf Aljufri menjadi tokoh nasional.

"Apakah tokoh nasional PKS menjadi capres atau cawapres atau king maker?" ujarnya.

Sohibul menuturkan, capres yang diusung PKS tidak selamanya harus menjadi kader partai. Mereka menginginkan untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat bahwa menjadi capres tidak harus menjadi kader partai politik.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PKS, Aboe Bakar Al-Habsyi mengatakan bahwa gelaran rapat pimpinan nasional (rapimnas) merupakan momentum penyatuan langkah pemenangan Pemilu 2024.

"Rapimnas ini adalah bagian dari upaya penyatuan langkah dan strategi pemenangan pileg dan Pilpres 2024. Kami harus memanfaatkan sisa waktu 601 hari ini dengan baik. Oleh karena itu, perlu ada kesatuan langkah dalam pemenangan," katanya saat membacakan laporan pada pembukaan rapimnas di Jakarta, Senin.

Rapimnas PKS yang berlangsung pada tanggal 20-21 Juni 2022 dihadiri unsur jajaran pengurus DPP PKS dan Ketua DPW PKS seluruh provinsi se-Indonesia. (*)

Baca Juga

Sambut 3 Capres NasDem, PKS Siap Kolaborasi Merestorasi Indonesia

#Partai Keadilan Sejahtera (PKS) #Anies Baswedan #Pilpres #Pemilu #Partai Politik
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan