Ketua MPR Desak Pemerintah Segera Cairkan Bantuan Pekerja Terdampak Corona

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Selasa, 31 Maret 2020
Ketua MPR Desak Pemerintah Segera Cairkan Bantuan Pekerja Terdampak Corona
Bambang Soesatyo (ANTARA/Dok)

Merahputih.com - Ketua Majelis Permusyawarakatan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo mendesak pemerintah lebih peka terhadap kelompok masyarakat yang rentan terpapar virus corona. Pemerintah mesti memberlakukan kebijakan yang tidak merugikan pihak-pihak tertentu.

Mengingat sebagian besar dari mereka terancam kehilangan sumber penghasilannya dikarenakan kebijakan social distancing dan physical distancing yang bertujuan untuk mencegah penularan virus corona.

Baca Juga

21 Jadwal KA Lokal Dibatalkan, Ini Rinciannya

"Di sisi lain juga berdampak buruk karena dapat mematikan pekerjaan-pekerjaan yang bergantung pada interaksi sosial," kata Bamsoet dalam keterangannya, Selasa (31/3).

Pemerintah mesti mengeluarkan kebijakan stimulus ekonomi untuk membantu perekonomian masyarakat yang penghasilannya menurun drastis atau bahkan berhenti dikarenakan pemberlakuan pembatasan sosial.

"Bisa memberikan bantuan ekonomi tambahan, seperti uang tunai maupun kebutuhan pokok," kata Bamsoet.

Bambang Soesatyo tiba untuk menyerahkan berkas pendaftaran bakal caketum Partai Golkar di DPP Partai Golkar. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/wsj.
Bambang Soesatyo tiba untuk menyerahkan berkas pendaftaran bakal caketum Partai Golkar di DPP Partai Golkar. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/wsj.

Politikus Golkar ini menambahkan, Pemerintah harus memastikan jaminan keselamatan dan keamanan kerja bagi para pekerja yang rentan. "Seperti di bidang jasa, seperti jasa transportasi, jasa antar barang, hingga jasa keahlian yang menjadi salah satu kelompok yang rentan terpapar virus corona," terang Bamsoet.

Sementara, Kementerian Perindustrian didesak memperhatikan aspek Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) kepada buruh pabrik secara serius. "Tidak hanya sekedar menyediakan masker atau hand sanitizer, namun juga perlengkapan perlindungan diri yang memadai dan kepastian keselamatan dalam bekerja," jelas dia.

Baca Juga

Waspadai Penyebaran Corona di Stasiun, Setiap Penumpang Kereta Dibagikan Masker

Bamsoet juga mendesak Pemerintah untuk tetap mempersiapkan kecukupan tenaga medis dan peralatan alat kesehatan di setiap Rumah Sakit di daerah.

"Mengingat sudah banyaknya perantau yang terlanjur mudik ke daerah asal sebelum dikeluarkannya aturan mudik lebaran 2020 ditengah pandemik COVID-19," tutup Bamsoet. (Knu)

#Bambang Soesatyo #Virus Corona #Pasien Corona #Penyakit Corona #MPR RI
Bagikan
Bagikan