Soal Virus Corona, Ombudsman: Kita Ini Kebanyakan Informasi

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 03 Maret 2020
Soal Virus Corona, Ombudsman: Kita Ini Kebanyakan Informasi
Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai saat acara peluncuran Laporan Tahunan Ombudsman RI 2019 di Jakarta, Selasa (3/3/2020). (Antara/Benardy Ferdiansyah)

MerahPutih.com - Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai meminta kepada pemerintah untuk menjelaskan secara terbuka kepada masyarakat mengenai informasi terkait virus corona (Covid-19)

"Kita ini kan over information, kebanyakan informasi. Jadi, informasi mana yang bisa kita pegang. Mungkin di handphone kita masing-masing saja sekarang berseliweran informasi," ucap Amzulian di Jakarta, Selasa, (3/3).

Baca Juga:

Jangan Panik, Indonesia Akan Kembangkan Vaksin Antivirus Corona

Ia berujar, pemerintah harus memberikan informasi yang jelas dan terpercaya mengenai virus corona, seperti dampak dan metode penyembuhannya.

"Sehingga jangan sampai ini yang muncul informasi (yang) malah (bikin) kepanikan," ujar dia.

Ilustrasi (Foto: Antara/Pixabay)
Ilustrasi (Foto: Antara/Pixabay)

Selain itu, ia juga menyoroti soal masyarakat yang "menyerbu" pusat perbelanjaan atau toko obat untuk mencari masker pasca pengumuman adanya dua WNI yang positif corona di dalam negeri.

"Ini menurut saya karena informasi. Oleh karena itu, pemerintah harus berada dalam garda terdepan soal informasi ini," tutu Amzulian.

Baca Juga:

Sebelum Temui Jokowi di Istana, Sejumlah Menteri Dicek dari Virus Corona

Presiden Jokowi mengumumkan dua warga negara Indonesia (WNI) di dalam negeri, yaitu seorang ibu berusia 64 tahun dan anaknya berusia 31 tahun positif terjangkit virus COVID-19.

Menurut penelusuran, dua WNI tersebut terjangkit dari seorang warga negara Jepang yang berkunjung ke Indonesia.

Kementerian Kesehatan menjelaskan WNI tersebut terinfeksi COVID-19 dari warga negara Jepang pada 14 Februari 2019. Saat ini, dua WNI yang positif terjangkit COVID-19 sedang diisolasi di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso Jakarta. (Knu)

Baca Juga:

Jangan Keliru, Kamu Tak Butuh Masker untuk Terhindar dari Corona

#Virus Corona #Ombudsman
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan