Soal Saham Bir, PDIP Minta Anies Jangan Adu Domba Rakyat dengan DPRD

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 08 Maret 2019
Soal Saham Bir, PDIP Minta Anies Jangan Adu Domba Rakyat dengan DPRD
Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDI Perjuangan Pantas Nainggolan. Foto: DPRD DKI Jakarta

MerahPutih.com - Sejumlah massa PA 212 dan FPI akan menggelar aksi demo di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jumat (8/3) siang. Aksi itu meminta DPRD DKI Jakarta tidak menghalangi Gubernur DKI Anies Baswedan dalam upaya menjual saham bir di PT Delta Djakarta.

Menanggapi hal tersebut, anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDI Perjuangan Pantas Nainggolan mengatakan seharusnya Anies tak mengadu domba masyarakat dengan dewan legislatif Kebon Sirih terkait soal saham bir.

Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDI Perjuangan Pantas Nainggolan

"Gubernur Anies jangan mengadu domba rakyat dengan DPRD. ini di negara kesatuan RI yang berdasarkan pancasila, jangan mengadu domba masyarakat atas dasar halal tidak halal, haram tidak haram," kata Pantas di Jakarta, Jumat (8/3).

Perusahaan penyalur minuman beralkohol ini memiliki sejarah cukup panjang, tercatat perusahaan ini berdiri sejak tahun 1932 dengan Archipel Brouwerij NV.

Kemudian perusahaan milik pengusaha Jerman ini dibeli perusahaan Belanda, lalu berganti nama menjadi NV De Oranje Brouwerij. Kemudian pada 1970, resmi menggunakan nama PT Delta Djakarta dan sebagian sahamnya milik Pemprov DKI di era Ali Sadikin.

Dengan begitu, menurut dia, saham bir itu dari dahulu tidak pernah ada beban APBD terhadap PT Delta Djakarta dan tidak ada modal peryertaan daerah.

"Artinya PT ini sudah mandiri dan setiap tahun dia memberikan kontribusi ke PAD daerah," ungkapnya

Seperti diketahui, pelepasan saham bir di PT Delta Djakarta kembali berpolemik. Lantaran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersitegang dengan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

Prasetyo pun tak setuju bila Anies melepas saham bir di PT Delta. Padahal kata dia, dari kepemilikan saham bir itu Pemprov DKI Jakarta mendatangakan deviden hingga Rp 50 Miliar per tahun.

Caption

Tak tinggal diam, Anies lantas mengancam membuka kedok DPRD ke masyarakat bahwa dewan legislatif Kebon Sirih ingin memiliki saham di perusahaan minuman keras. Ingin punya pengahasilan dari hasil menjual minuman beralkohol.

"Kita laporkan kepada rakyat Jakarta bahwa wakil-wakil Anda ingin tetap memiliki saham bir. Biar nanti warganya juga yang ikut menyampaikan aspirasi," kata Anies di Balaikota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (5/3). (Asp).

#DPRD DKI Jakarta #Saham Bir DKI #Anies Baswedan
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan