Anies Diminta Kaji Ulang Soal Putusan Motor Boleh Melintas di Jalan Thamrin Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Halim Pagarra. (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Halim Pagarra meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengkaji ulang keputusan Mahkamah Agung (MA) yang membatalkan pelarangan motor di jalan Thamrin dan Sudirman, Jakarta Pusat.

"Keputusan itu harus dikaji lagi oleh Gubernur. Apakah sudah benar," ujar Halim saat dikonfirmasi, Selasa (9/1).

Halim sendiri menyarankan, pembatalan itu harus dilihat dari beberapa aspek. Pertama, bagaimana kapasitas jalan sepanjang Sudirman dan Thamrin yang akan sesak jika kendaraan roda dua boleh melintas.

Keduanya, sambung halim, saat ini masyarakat Jakarta mindsetnya sudah mulai berubah dengan dilarangnya kendaraan roda dua melintas jalan Thamrin dan Sudirman. Masyarakat yang menggunakan transportasi massal meningkat dibandingkan yang menggunakan kendaraan lrobadi sejak diberlakukan larangan melintas di Thamrin-Sudirman.

"Dan terakhir, kurangnya polusi udara," ucap Halim.

Sependapat dengan Halim, Pakar tata kota dan transportasi publik Luluk Erningsari mengatakan dengan dibolehkannya kembali kendaraan roda dua melintas di Thamrin-Sudirman justru merupakan kemunduran bagi tata transportasi Jakarta.

"Harusnya berlomba-lomba mengurangi kendaraan. Ini malah memberikan ruang lebar bagi kendaraan," beber Luluk.

Luluk mengungkapkan, jika motor kembali melintas, lalu lintas dipastikan bakal macet kembali. Untuk itu, volume kendaraan harus ditekan.

"Kita lihat, apakah hal tersebut memberikan dampak positif?," pungkas Luluk. (Ayp)

Kredit : anggayudha

Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH