Pilpres 2019

Soal Posisi Cawapres, Sekjen Demokrat: Kita Serahkan Ke Pak Prabowo

Eddy FloEddy Flo - Senin, 30 Juli 2018
Soal Posisi Cawapres, Sekjen Demokrat: Kita Serahkan Ke Pak Prabowo
Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan (Foto: MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.Com - Sekjen Partai Demokrat, Hinca Panjaitan mengatakan, pihaknya mempercayakan sepenuhnya kepada Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto untuk menentukan calon wakil presiden yang akan mendampinginya di Pilpres 2019.

"Demokrat itu paham betul etika politik yang menentukan siapa calon wakil presidennya, tentu (calon) presidennya. Tapi di diskusikan bersama dengan koalisi. Kita tunggu saja. Kita serahkan ke Pak Prabowo," kata Hinca di Hotel Grand Melia, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (30/7) malam.

Menurut Hinca, dalam waktu dekat akan digelar pertemuan dengan Gerindra, Partai Keadilan Sejehtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN) secara bersamaan. Pertemuan tersebut untuk mematangkan penjajakan koalisi penantang kubu Jokowi.

SBY dan Rombongan
SBY dan rombongan saat tiba di Kantor DPP PKS (Foto: MP/Ponco Sulaksono)

"Saya rasa setelah pertemuan bilateral antar partai akan ada pertemuan yang lebih besar dalam waktu yang relatif singkat kedepan untuk duduk sama-sama. Sekarang masih bilateral-bilateral dulu," ujar Hinca.

Sebagaimana diketahui, SBY bertemu dengan Prabowo di kediaman eks Danjen Kopassus itu, di Kertanegara, pagi tadi. Pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan untuk Demokrat dan Gerindra berkoalisi.

"Dengan Pak Prabowo tadi sudah, mulai besok kami akan duduk lagi sama-sama begitu juga nanti dengan PAN mudah-mudahan dengan PKS malam ini kita sepakati (koalisi)," pungkas Hinca.

Sementara Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan, nama cawapres tentu akan berkembang di dalam pembahasan bersama mitra koalisi. Dia menegaskan, mungkin saja nanti muncul satu atau dua nama yang akan diusung menjadi cawapres.

“Dari situ kami akan melakukan pembahasan siapa yang terbaik. Namun, Pak Prabowo yang lebih dominan karena beliau yang lebih tahu mana kira-kira pasangan yang bisa menang,” kata Syarief.

Diketahui, SBY saat ini tengah menggelar pertemuan dengan jajaran elite PKS. Pada pagi hari sebelum pertemuan ini, SBY bertemu dengan Prabowo Subianto. Seusai pertemuan tersebut, Prabowo menyatakan Demokrat dan Gerindra sepakat berkoalisi.

Setelah bertemu SBY, sore harinya, Prabowo berkunjung ke Kantor DPP PKS di Jakarta Selatan. Pertemuan tersebut juga membahas soal koalisi.(Pon)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Direkomendasi Ijtima Ulama, Ustaz Abdul Somad Diundang Partai Gerindra

#Pilpres 2019 #Prabowo Subianto #Partai Demokrat #Agus Harimurti Yudhoyono
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan