Soal Pilgub Jabar, Puti Soekarno Serahkan Keputusan Pada Partai Puti Guntur Soekarno (Foto: MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.Com - Nama Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puti Guntur Soekarno digadang-gadang bakal diusung oleh partai berlambang banteng moncong putih untuk berlaga di Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018 mendatang.

Meski demikian, sebagai kader partai, Puti menyerahkan sepenuhnya kepada mekanisme partai terkait posisinya yang akan ditetapkan sebagai calon gubernur atau pun wakil gubernur di Pilgub Jabar.

"Saya posisi sebagai kader partai. Artinya keputusan dari Partai akan kami lakukan sebaik-baiknya. Tapi saya tetap optimis punya niat maju di Jabar. Kombinasi itu kalau jadi wakil atau gubernur kita serahkan kepada partai," ujarnya di kantor Indikator Politik Indonesia, Jalan Cikini V, akarta Pusat, Rabu (11/10).

Menurut anggota Komisi X DPR ini, banyak hal yang harus diperbaiki di Jawa Barat. Dia menyoroti masalah pendidikan yang terbilang cukup rendah dibanding provinsi lainnya.

Selain itu, kata Puti, kuantitas sumber daya manusia yang besar di Jawa Barat juga harus ditingkatkan kualitasnya. Terlebih, Jawa Barat secara geografis berdekatan dengan pusat pemerintahan.

"Saya punya keinginan yang lebih untuk kepentingan Jawa Barat. Banyak hal yang harus diperbaiki. Peserta didik masih rendah lulus hanya tingkat SMP. Pembangunan SDM yang cukup besar berdampingan dengan ibu kota. Kalau bisa diperbaiki akan membantu nasional. Kuantitas SDMnya banyak sekali," ucapnya.

Namun, cucu Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno ini mengaku belum melakukan pembicaraan intensif dengan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Ia kembali menegaskan, terkait dengan Pilgub Jabar diserahkan sepenuhnya kepada partai.

"Belum ada komunikasi, pak sekjen lagi konsolidasi kekuatan, terakhir di Garut," pungkasnya.(Pon)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH