Soal Pidato Anies, Menkumham: Sudahi Polemik, Saatnya Bangun Jakarta Bersama

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Rabu, 18 Oktober 2017
Soal Pidato Anies, Menkumham: Sudahi Polemik, Saatnya Bangun Jakarta Bersama
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. (MP/Venansius Fortunatus)

MerahPutih.com - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, angkat bicara mengenai pidato Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyinggung kata 'pribumi' sehingga menuai kritik dari berbagai pihak.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu berharap pidato Anies tak dijadikan polemik. Baginya, yang lebih penting saat ini adalah membangun Jakarta bersama-sama.

"Sudahlah, kita sudahi polemik. Sekarang mari kita sebagai warga Jakarta bersama-sama membangun Jakarta, ini penting. Jangan kita buat kegaduhan baru singsingkan lengan, kerja keras, banyak kerjaan Jakarta yang belum selesai," kata Yasonna di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (18/10)

Meski secara pribadi, dia juga menyesalkan penggunaan kata warisan kolonial tersebut. Dia berharap agar pidato Anies tak seperti yang dimaksudkan pihak yang mempersoalkan. "Soal itu kita menyesalkan, kita harap sudahlah mungkin tidak seperti apa yang dimaksudkan," katanya.

Seperti diketahui, penggunaan kata 'pribumi' memang telah dihilangkan sejak zaman Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie melalui Instruksi Presiden Nomor 26 tahun 1998. Selian itu, kata 'pribumi' juga sudah dihilangkan dalam UU antidiskriminalitas.

Sebelumnya, Anies telah mengklarifikasi penggunaan kata 'pribumi' dalam pidatonya. Menurut Anies, kata 'pribumi' harus dilihat dari konteks, dan kata itu digunakan untuk menceritakan kejadian zaman penjajahan dulu di Indonesia.

"Itu istilah digunakan dalam konteks pada saat era penjajahan. Sebab, saya menulisnya juga pada saat era penjajahan dulu," kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Selasa (17/10). (Pon)

Baca berita terkait polemik pidato Anies yang lain di: Polemik Pidato Anies, Pelaporan Sebaiknya Jangan Ada Unsur Dendam

#Menkumham #Yasonna Laoly
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan