Soal Pesan Djarot, Pengamat: Anies-Sandi Utamakan Harmonisasi Antar Warga

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Minggu, 15 Oktober 2017
Soal Pesan Djarot, Pengamat: Anies-Sandi Utamakan Harmonisasi Antar Warga
Pasangan Anies-Sandiaga Uno. (MP/Dery Ridwansah)

MerahPutih.com - Pengamat Tata Kota Yayat Supriyatna menilai problem pertama dan utama yang harus diupayakan pemerintahan DKI Jakarta yang baru adalah mewujudkan harmonisasi antarwarga.

Hal itu dinyatakannya menanggapi pesan Djarot dihadapan pendukungnya untuk menjaga persatuan dan terus mengawal pemerintahan Anies-Sandi di acara Kaleidoskop Terimakasih Gubernur 2012-2017 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (14/10) malam.

Menurutnya, pesan tersebut mensiratkan adanya masalah yang belum selesai pascapilkada DKI lalu. Untuk itu, Gubernur baru nanti harus mampu melakukan pendekatan terhadap semua pihak.

"Artinya kan ada masalah dengan persoalan Pilkada kemarin karena terpecah dengan kepentingan dan kelompok," ujarnya kepada awak media, Minggu (15/10).

Dia melihat, pesan Djarot juga merupakan dorongan agar pendukungnya move on dan mulai menatap ke depan.

"Ada hal yang penting perlu diingatkan bahwa mereka sudah punya satu gubernur, tidak seperti seakan-akan punya gubernur bayangan masa lalu," terangnya.

Diakuinya, jika hal itu masih menjadi persoalan ke depan, maka dirasa sangat sulit untuk melakukan pembangunan Jakarta ke depan.

"Kalau seperti itu sulit untuk bersatu kembali karena ada yang merasa dia bukan pilihan ku di sini upaya yang harus dilakukan agar luka itu sembuh," ucapnya.

Karenanya, Yayat berharap Gubernur dan Wakil Gubernur baru harus secepatnya mengupayakan rekonsiliasi agar harmonisasi warga terjalin.

Sebelumnya, dalam acara perpisahan bertema kaleidoskop terimakasih Gubernur DKI Jakarta 2012-2017 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Djarot berpesan agar seluruh relawan bersatu menciptakan kondisi yang aman dan kondusif serta bersama-sama mengawal pemerintahan Anies-Sandi.

Masa jabatan Djarot sebagai Gubernur DKI Jakarta berakhir hari ini, Minggu (15/10). Selanjutnya, Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies-Sandi akan mulai bertugas usai pelantikan, Senin (16/10) di Istana Negara. (Fdi)

Baca juga berita terkait pandangan pengamat atas terpilihnya Anies-Sandi dalam artikel berikut: Pengamat: Tugas Berat Anies-Sandi Sudah Menanti

#Anies Baswedan-Sandiaga Uno #Anies Baswedan #Sandiaga Uno #Gubernur DKI Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan