Soal Penemuan Rel Trem, Kadishub DKI: Pembangunan MRT Fase 2A Tetap Lanjut

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 29 Desember 2021
Soal Penemuan Rel Trem, Kadishub DKI: Pembangunan MRT Fase 2A Tetap Lanjut
Petugas konstruksi MRT menemukan rel trem peninggalan zaman kolonial Belanda pada proyek pembangunan MRT Jakarta Fase 2A Glodok-Kota. (ANTARA/HO MRT Jakarta)

MerahPutih.com - Rel trem peninggalan Belanda ditemukan di proyek MRT Fase 2A Glodok-Kota. Namun, penemuan itu dipastikan tidak akan menghambat pembangunan moda transportasi tersebut.

"Pembangunan MRT Fase 2A tetap berlanjut. Terkait temuan itu akan ditindaklanjuti BUMD PT MRT dan Dinas Kebudayaan," ucap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota Jakarta, Selasa (28/12).

Baca Juga

Arkeolog Sebut Rel Trem di Proyek MRT Tertua di Indonesia

Syafrin tidak merinci proses penindaklanjutan temuan rel trem tersebut, termasuk ke mana akan dipindahkan, karena kewenangannya berada di PT MRT Jakarta dan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta.

"Itu level pelaksanaannya di MRT dan Dinas Kebudayaan," katanya.

Baca Juga

Dinas Kebudayaan Sikapi Temuan Rel Trem Zaman Belanda di Proyek MRT

Sebelumnya, pengguna Twitter @jalur5_ mencuit pada tanggal 23 Desember 2021 terkait penemuan jalur trem peninggalan klasik tersebut. Dalam cuitannya, rel trem itu ditemukan dalam pembangunan MRT Jakarta Fase 2A Glodok-Kota.

Foto yang ditampilkannya menampakan rel trem tersebut masih utuh di balik beton yang baru saja dibongkar. Pemilik akun tersebut menuliskan jalur trem ini menjadi bagian dari sejarah Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD). (*)

Baca Juga

Pemprov DKI akan Pindahkan Rel Trem Peninggalan Belanda di Proyek MRT

#MRT Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan