Soal Pemindahan Ibu Kota, Fahri Hamzah Singgung Peran Bung Karno Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah (Foto: MP/Gomes Roberto)

MerahPutih.Com - Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah buka suara soal rencana pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan. Fahri mengingatkan peran Proklamator RI Sukarno soal awal mula manjadikan Jakarta sebagai Ibu Kota negara Indonesia.

"Saya ingin pemerintah itu mengerti posisi Jakarta. Jakarta itu dibuat Bung Karno dan didesain sebagai Ibu Kota. Jadi sebetulnya sulit meninggalkan Jakarta sebagai Ibu Kota," kata Fahri di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8).

Baca Juga: Pemindahan Ibu Kota Ciptakan Nilai Tambah Ekonomi dari Sektor Nontradisional

Menurut Fahri, perjalanan Jakarta hingga bisa‎ menjadi Ibu Kota sangat bersejarah. Karena itu, mantan politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengaku tidak sepakat dengan wacana pemindahan Ibu Kota ke luar Jakarta.

Presiden Jokowi saat di Gunung Mas, Kalimantan Tengah
Presiden Jokowi meninjau lokasi di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah sebagai calon lokasi ibu kota negara (Foto: Biro Pers Setpres)

"Terlalu bersejarah legacy dari Bung Karno dan banyak sekali hal-hal yang tidak bisa ditinggalkan dari kota ini. Makanya terus terang saya cenderung ekstain yang pernah dilakukan Pak Harto ke Jonggol dipindahkan Teluk Jakarta," ucap dia.

Inisiator Gerakan Arah Baru Indonesia (GARBI) ini melanjutkan, Jakarta merupakan representasi tradisi maritim. Menurut Fahri, tradisi tersebut akan hilang jika Ibu Kota dipindah ke luar Jakarta.

"Kalau dipindahkan ke pulau besar nanti tradisi maritimnya hilang. Jadi banyak hal dari Jakarta yang harus diceritakan dulu dan harus diomongin kepada masyarakat. Sebab Jakarta ini terlalu bersejarah untuk ditinggalkan," pungkasnya.

Baca Juga: DPR Segera Bentuk Pansus Pemindahan Ibu Kota

Sebagaimana diketahui pemerintah melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas memaparkan perpindahan ke ibu kota negara baru akan dimulai pada tahun 2024. Presiden Jokowi sudah dua kali menyampaikan kepada publik masyarakat ibu kota negara akan dipindahkan ke Kalimantan.

Kebijakan pemerintah terkait pemindahan ibu kota ke Kalimantan bukannya tanpa kontroversi. Sebagian kalangan termasuk Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta kajian menyeluruh dan serius terhadap rencana tersebut. Menurut JK, Kalimantan bukannya tak ada ancaman pasalnya di wilayah tersebut banyak lubang tambang dan kebakaran lahan serta hutan.(Pon)

Baca Juga: Jokowi Diyakini Bisa Wujudkan Pemindahan Ibu Kota

Kredit : ponco


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH