Soal Pemilu, Lantamal VII: Netralitas TNI Harga Mati Lantamal VII Kupang. (Foto/koarmada2.tnial.mil.id)

MerahPutih.com - Komandan satgas pengamanan Pemilu Lantamal VII Kupang Kol (P) Heru Wahyono menegaskan netralitas TNI menjadi harga mati dalam perhelatan Pemilu 2019 yang akan berlangsung pada 17 April.

"TNI berkomitmen untuk menjunjung tinggi netralitasnya demi menjamin Pemilu berlangsung aman dan damai," katanya saat ditemui usai menjadi inspektur upacara dalam apel gelar pasukan pengamanan Pemilu 2019 di Markas Lantamal VII Kupang, Kamis (21/3).

Ia menjelaskan penegasan itu merupakan pengulangan dari Heru sebagai Dansatgas atas instruksi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk menciptakan anggota TNI yang menjunjung tinggi netralitas dalam pelaksanaan pemilu.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Foto: Twitter @Puspen_TNI)
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Foto: Twitter @Puspen_TNI)

Ia menjelaskan netralitas TNI terdiri dari sikap netral anggota dengan tidak memberi dukungan kepada salah satu kontestan Pemilu 2019.

"Baik secara satuan atau perorangan juga tidak berkampanye atau memberi dukungan dalam bentuk apapun, Bahkan fasilitas tidak dilibatkan di luar tugas dan fungsi TNI," tambanya seperti dilansir Antara.

Prajurit TNI diimbau untuk tidak menggunakan hak pilihnya, mengamankan penyelenggaraan pemilu sesuai dengan tugas dan fungsi bantuan TNI kepada Polri.

"Tetapi istrinya atau suaminya dan anaknya yang bukan TNI bisa mencoblos," ujar dia.

Selain itu, kata dia anggota TNI juga dilarang untuk memberi komentar, penilaian, diskusi, pengarahan dan pernyataan yang bersifat mempengaruhi orang lain.

Sementara itu terkait jumkah personel, Lantamal VII Kupang menyiagakan 500 personel untuk di-BKO kan ke kepolisian. Jumlah tersebut di bagi lagi, sebanyak 400 personel di wilayah NTT dan 100 personel di wilayah NTB.

"Personelnya di NTT ada 400 tersebar di Mako Lantamal VII Kupang, Lanal Maumere, dan Lanal Rote. Selain itu ada 100 personel di Provinsi NTB sehingga total personel dari Lantamal VII berjumlah 500," ujar dia. (*)

Baca Juga: Panglima TNI Marsekal Hadi Buka Pameran Alutsista TNI di Monas



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH