'Parents', Begini Cara Ussy Sulistiawati Jauhkan Anak dari Gawai Ussy Sulistiawati saat ditemui di Ayana Mid Plaza (Foto: MP/Albi)

PENYANYI Ussy Sulistiawati benar-benar memperhatikan tumbuh kembang anak-anaknya. Terlebih Ussy memiliki empat anak perempuan. Nur Amalia Putri, Syafa Al Zahra, Shakeela Eleanor Ameera, dan Sheva Elmira Lorrenia. Hal itu membuat Ussy harus selalu memberikan perhatian kepada empat anaknya agar bisa berkembang dengan baik.

Salah satu cara yang dilakukan perempuan 37 tahun itu ialah dengan menjauhkan gawai. Saat ditemui di Ayana Mid Plaza, Jakarta Selatan, Kamis (7/2), Ussy mengaku bangga anak-anaknya bisa enggak bergantung dengan gawai. Padahal generasi anak Ussy termasuk yang sudah melek dengan gawai dan sulit lepas darinya.

Namun, Ussy tetap berhasil memberikan pengertian kepada anak-anaknya masalah penggunaan gawai. Ada beberapa cara yang dilakukan oleh Ussy.

1. Memberikan edukasi ke anak bahwa gawai memberikan dampak negatif

Ussy memberikan pengertian mengenai dampak negatif gawai kepada anak-anaknya (Foto: MP/Albi)

Gawai memberikan banyak manfaat bagi siapa pun. Namun, enggak sedikit juga yang menggunakan gawai secara negatif. Terlebih anak-anak yang tanpa pengawasan orangtua. Namun, Ussy pintar mengambil celah. Ia memberikan edukasi kepada anak-anaknya bahwa gawai punya dampak negatif.

"Aku bilang kalau sering main handphone nanti sarafnya terganggu lah," kata Ussy. Hasilnya, anak-anak Ussy pun patuh dengan perkataan sang ibu. Menurut Ussy, anak-anaknya mudah diberikan pengertian karena sudah memiliki nutrisi yang cukup.

2. Memberikan pengalihan dengan kegiatan lain

Ussy selalu melatih anaknya supaya enggak tertarik dengan gawai melainkan dengan hal lain. (Foto: Instagram/@ussypratama)

Melarang anaknya main gawai bukan berarti Ussy enggak memberikan alternatif lain. Sesekali anak-anaknya, seperti Sheva, masih tergiur untuk bermain gawai. Tapi istri Andhika Pratama itu tetap memberikan alternatif lain sebagai pengganti bermain gawai.

Misalnya Ussy mencoba memberitahukan kepada anaknya bahwa bermain balok juga enggak kalah asyiknya seperti main gawai. Ditambah, Ussy juga memancing anak-ankanya untuk membaca buku ketimbang bermain gawai. " Dia jadi ke-distract. Jadi enggak melulu harus ke handphone," cerita Ussy.

3. Ussy dan Andhika enggak pernah pilih-pilih dalam mengurus anak

Ussy dan Andhika selalu memberikan waktu luang untuk bermain dengan anak-anak mereka.(Foto: Instagram/@ussypratama)

Biasanya pasangan suami istri membagi tugas masing-masing perihal mengurus anak. Tapi hal itu enggak dilakukan oleh Ussy dan Andhika. Mereka merasa memiliki tanggung jawab yang sama. Setiap ada waktu luang kegiatan mereka berdua enggak ada lagi selain bermain dengan keempat buah hati mereka. "Enggak ada pembagian tugas ya. Semuanya buat anak. Selama memang ada waktu buat anak, pasti buat anak," tukasnya.(ikh)

Baca juga: Jurus Jitu Meisya Siregar Batasi Anak Main Gawai

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH