Soal Garapan Lumbung Pangan, Sufmi Sebut Ide Prabowo Soal Ketahanan Diterima Jokowi Presiden Jokowi saat meninjau food estate di Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kapuas, Kamis (9/7/2020). (ANTARA/HO-Pemprov Kalteng)

MerahPutih.com - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ditugaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggarap lumbung pangan nasional.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, lumbung pangan penting diwujudkan agar tidak bergantung pada negara lain. Lumbung pangan juga termasuk bentuk pertahanan negara.

Baa Juga:

Jokowi Tinjau Proyek Pangan di Kalimatan Tengah

"Itu perlu untuk Indonesia berdaulat secara pangan dan Indonesia tidak tergantung pangan dari negara lain," katanya kepada wartawam, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/7).

Menurut Dasco, lumbung pangan ini perlu untuk ketahanan NKRI dalam bidang pangan dan termasuk dalam katagori pertahanan negara.

"Nah kalau ditanya alasan Presiden Jokowi, untuk menunjuk Pak Prabowo itu ada kaitannya dengan pertahanan negara. Terutama ketahanan di bidang pangan," lanjutnya.

Waketum Gerindra ini menyebut penunjukan Prabowo untuk menggarap program lumbung pangan nasional bukan bagian dari deal pascapilpres.

Tapi, ia tak menampik bahwa penunjukan ini berkaitan dengan konsep ketahanan pangan yang pernah ditawarkan Prabowo ke Jokowi sebelum menjadi menteri.

"Kalau kemudian ada pertanyaan apakah itu termasuk deal, kemarin itu kita tidak ada deal. Tapi kita menawarkan konsep memperkuat pertahanan, ketahanan pangan ketahanan energi dan beberapa lagi," ujar Dasco.

Pemerintah berencana menciptakan food estate di Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah, sebagai daerah lumbung pangan baru di Indonesia. 8/7/2012 ATR/BPN.
Pemerintah berencana menciptakan food estate di Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah, sebagai daerah lumbung pangan baru di Indonesia. 8/7/2012 ATR/BPN.

"Dan saya pikir mungkin ada konsep yang kemudian dianggap bagus lalu dijadikan misi oleh Presiden. Dan itu sah-sah saja menurut saya, tidak melanggar aturan dan UU yang ada," lanjut Dasco.

Ia menilai program lumbung pangan nasional merupakan bagian dari cadangan logistik strategis dan salah satu upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Dengan begitu, diharapkan Indonesia bisa berdaulat secara pangan dan tidak tergantung dari negara lain.

Selain Prabowo, Jokowi juga menugaskan Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk mengelola lumbung pangan.

Baca Juga:

Mendag Jamin Harga Pangan Pokok Stabil dan tidak Naik

Jubir Menhan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak menjelaskan, Kemenhan diberi tanggung jawab mengurusi lumbung pangan nasional dua kabupaten di Kalimantan Tengah.

Dengan adanya peran Kemenhan, personel TNI diharapkan dapat terjun langsung di program lumbung pangan yang akan menjadi cadangan logistik Indonesia ini.

"Kemenhan diberikan tanggung jawab oleh Presiden sebagai leading sector untuk memperkuat food estate," ujar Dahnil, Selasa (7/7). (Knu)

Baca Juga:

Wagub Pastikan Stok Pangan di DKI Aman Selama Perpanjangan PSBB Transisi



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH