Soal Cawapres, Jokowi Akan Bisiki Langsung JK Wapres Jusuf Kalla bersama Ibu Mufidah Jusuf Kalla (Twitter @Pak_JK)

Merahputih.com - Menteri Sekretaris Negara, Pratikno mengatakan Presiden Joko Widodo akan menyampaikan langsung kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait daftar nama calon wakil presiden pendampingnya di Pilpres 2019.

"Kalau soal itu (cawapres), ya Pak Presiden sama Pak Wapres. Yang menyampaikan dengan Pak JK ya Pak Presiden sendiri, aku level teknis saja," kata Pratikno usai menghadap Wapres Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Selasa (10/7).

Wapres Jusuf Kalla memanggil Pratikno ke Kantor Wapres, Selasa (10/7) sore, untuk melakukan pertemuan tertutup selama satu jam. Pratikno tiba di Kantor Wapres pukul 16:00 WIB dengan mengendarai mobil dinas dengan nomor registrasi RI 14. Usai pertemuan, Pratikno meninggalkan Kantor Wapres sekitar pukul 16:58 WIB.

Sebelumnya, usai menghadiri Sarasehan Nasional "Merawat Perdamaian: Belajar dari Resolusi Konflik dan Damai di Maluku untuk Indonesia yang Bersatu, Berdaulat, Adil dan Makmur" di Hotel JS Luwansa Jakarta, Selasa siang, Wapres mengaku belum mendapatkan daftar nama calon wakil presiden pilihan Jokowi untuk Pilpres 2019. "Belum, belum (tahu)," kata Wapres di Hotel JS Luwansa Jakarta dikutip Antara.

Wapres JK (@Pak_JK)

Namun demikian, Jusuf Kalla mengaku akan memberikan dukungannya kepada Presiden Joko Widodo di sisa masa pemerintahan Kabinet Kerja hingga Oktober 2019 mendatang. "Ya tentu sebagai wapres, mendukung dong Pak Jokowi, supaya dapat melanjutkan program yang kita jalankan bersama," tambahnya.

Sementara itu, Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan selaku pengusung Joko Widodo sedang melakukan seleksi nama pendamping Presiden Jokowi untuk periode kedua. Ketua DPP PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno mengatakan saat ini partainya masih mematangkan daftar nama prioritas calon wakil presiden yang akan mendampingi Joko Widodo yang jumlahnya mencapai tiga hingga lima orang.

"Sekarang sudah masuk daftar prioritas sebanyak tiga hingga lima orang. PDIP ada daftar panjang, pendek dan prioritas cawapres, daftar panjang 15-20 nama, daftar pendek 5-10 nama dan prioritas 3-5 orang," kata Hendrawan.

PDI Perjuangan menyebut nama Jusuf Kalla dan Pratikno masuk ke dalam Tim Internal penjaringan bakal calon wapres untuk Joko Widodo. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH