Soal Budaya Betawi, Anies: Jangan Hanya Melestastarikan, Tapi Kembangkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (MP/Kanugraha)

Merahputih.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menegaskan akan terus mendukung penuh pertumbuhan dan perkembangan kebudayaan Betawi di Ibu Kota. Hal ini ia ungkapkan saat membuka Festival Palang Pintu di Kemang.

"Ketika kita melestarikan budaya, maka dia semata-mata bagian dari masa lalu. Tapi kalau kita mengembangkan budaya, maka budaya kita selalu sesuai dengan zamannya, selalu tumbuh berkembang. Mari kita kembangkan budaya Betawi bersama-sama. Dan kita berharap lewat festival seperti ini, maka kegiatan pengembangan budaya betul-betul terjadi," ucap Anies dalam keterangan persnya, Sabtu (27/4).

Anies menyatakan kebudayaan Betawi harus tumbuh berkembang lintas zaman, sehingga kebudayaan tersebut tidak sepatutnya diidentikkan dengan milik orang tua saja.

Anak-anak muda di Jakarta harus mampu meneruskan berbagai ekspresi dan produk kebudayaan khas Betawi.

"Yang disebut budaya hari ini, adalah terobosan masa lalu. Karena itu, beranilah membuat terobosan. Kalau kita berani membuat terobosan, dan terobosan diterima lalu dipraktekkan banyak orang, maka dia menjadi budaya baru. Itu yang terus-menerus kita lakukan," jelas Anies.

Dengan cara begitu, nanti budaya Betawi juga akan berkembang dan tumbuh. "Dan nantinya generasi anak-cucu kita akan terus mengekespresikan budaya Betawi," ungkap dia. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH