SNMPTN 2019, UGM Terima 1.728 Mahasiswa Baru

Andika PratamaAndika Pratama - Sabtu, 23 Maret 2019
SNMPTN 2019, UGM Terima 1.728 Mahasiswa Baru
Universitas Gadjah Mada. Foto: ugm.ac.id

MerahPutih.com - Sebanyak 1.728 calon mahasiswa Program Sarjana berhasil diterima di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Total ada 31.198 siswa yang mendaftar di UGM melalui jalur SNMPTN.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan (PPK), Djagal Wiseso Marseno, menjelaskan calon mahasiswa yang diterima terdiri dari program studi Sains sebanyak 1.216 dan kelompok program studi Soshum sebanyak 512.

"Mereka telah melalui rekam jejak prestasi akademik. Hanya 5.51 % pendaftar diterima di UGM melalui jalur SNMPTN," papar Djagal di Yogyakarta, Jumat (22/3)

Universitas Gajah Mada

Pada SNMPTN tahun ini, Program studi Saintek paling banyak dipilih siswa. Peminat terbanyak adalah Program Studi Farmasi, Kedokteran, dan Teknik Sipil. Sementara kelompok program studi Soshum yang paling banyak diminati adalah Psikologi, Manajemen, dan Hukum.

"Prodi yang tingkat perasingan dan selektivitasnya tinggi untuk kelompok program studi Saintek, yaitu Ilmu Aktuaria, Teknologi Informasi, dan Statistik,"kata dia.

Sedangkan untuk program studi Soshum, yaitu Pariwisata, Ilmu Hubungan Internasional, dan Ilmu Komunikasi.

Setelah ‎dinyatakan diterima di UGM, calon mahasiswa diminta untuk mengkonfirmasi ulang. Caranya dengan membuat akun melalui laman um.ugm.ac.id. Kemudian mengisi biodata serta mengunggah dokumen yang disyaratkan. Dokumen bisa diunggah mulai 4 April 2019 pukul 13.00 WIB sampai dengan 10 April 2019 pukul 23.59 WIB.

"Kami imbau calon mahasiswa untuk mempersiapkan dokumen yang akan diunggah seawal mungkin. Supaya dapat menyelesaikan pengisian biodata dengan baik pada waktu yang telah ditentukan,"tegasnya.

Calon mahasiswa yang tidak mengunggah data sampai dengan 10 April 2019 pukul 23.59 WIB dianggap melepaskan haknya sebagai mahasiswa UGM di Tahun Akademik 2019/2020.

Berita ini merupakan laporan Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. (*)

#UGM #SNMPTN
Bagikan
Bagikan