Sniffing dan Phising Makin Marak, Simak Tips untuk Menghidarinya Kenali tips melindungi diri dari kejahatan siber. (Foto: Pixabay/Geralt)

KEJAHATAN siber kian marak terjadi, tidak terkecuali di Indonesia. Melihat hal itu, Territory Manager Kaspersky Indonesia Dony Koesmandarin membagikan sejumlah tips agar kamu terlindung dari kejahatan siber, seperti sniffing dan phising.

Sniffing adalah tindak penyadapan dengan jaringan internet untuk mengambil data serta informasi pribadi orang lain. Untuk mencegah kamu menjadi korban sniffing, sebaiknya hindari melakukan transaksi atau membuka aplikasi keuangan seperti mobile banking menggunakan jaringan Wi-Fi publik.

"Wi-Fi publik ini adalah salah satu celah keamanan. Jadi, hati-hati dengan Wi-Fi publik kalau ada menggunakan transaksi online," jelas Dony Koesmandari seperti yang dikutip dari laman Antara.

Baca juga:

Waspada, Aplikasi Antivirus Gratisan Bisa Bikin Ponsel Rentan Diretas

Hindari melakukan transaksi online dengan mengguankan Wi-Fi publik. (Foto: Pixabay/Mohamed Hassan)

Selain Sniffing, kejahatan siber yang berbahaya lainnya adalah phising. Ini merupakan upaya pelaku kejahatan siber yang berusaha mencuri kata sandi, nomor kartu kredit, detail rekening bank, dan informasi lainnya, dengan menyamar sebagai institusi resmi.

Guna melindungi diri dari serangan phising, hal pertama yang bisa dilakukan yaitu tidak menanggapi permintaan atau membalas pesan seperti SMS yang berisi stop, unsubscribe, atau pemberitahuan kamu memenangkan sebuah undian.

Dony menjelaskan, para penjahat siber yang melakukan phising berusaha melibatkan perasaan manusia, seperti panik, emosi, dan senang. Untuk itu, hindari menggunakan tautan atau informasi kontak apa pun dalam email atau pesan. Perhatikan sejumlah bentuk kesalahan ketik dan karakter aneh pada teks yang kamu terima.

Baca juga:

Kunci agar Kata Sandi Tidak Mudah Diretas

Selain itu, sejumlah pelaku kejahatan phising biasanya kesulitan dengan bahasa Inggris. Beberapa kesalahan sengaja dibuat seperti dengan menggunakan angka untuk mengganti huruf tertentu. Seperti misalnya 'Bank L0an' alih-alih 'Bank Loan' sebagai upaya melewati filter spam.

Pelaku phising pun cenderung mengarahkan korbannya untuk mengklik tautan yang dikirim, tautan laman palsu yang dibuat mirip sebuah entitas tertentu.

Contohnya, apabila kamu mendapat pesan untuk segera mengganti password, kamu akan diarahkan pada situs palsu yang mirip dengan situs asli. Biasanya kamu akan diarahkan untuk memasukan password lama dan baru. Padahal password tidak akan terganti dengan yang baru, karena si pelaku kejahatan siber hanya membutuhkan password lama kamu untuk menggunakan akunmu.

Kenali cara-cara mudah untuk terhindar dari kejahatan siber. (Foto: Pixabay/Mohamed Hassan)

Bila kamu terlanjur mengklik tautan dan mengganti password, maka segera masuk ke situs asli dan ubah pasword kamu sebelum si pelaku menyalahgunakan akun kamu. "Buatlah password yang terdiri dari kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol, agar tak mudah diketahui orang lain," saran Dony.

Namun, apabila password untuk aplikasi mobile banking atau akun lainnya sudah diganti lebih dahulu oleh pelaku, segera hubungi bank untuk memblokir akun kamu. Langkah lain, kamu pun bisa mengunduh aplikasi anti-malware yang bisa melindungi perangkat dari aplikasi berbahaya. (Ryn)

Baca juga:

Chipset Qualcomm dan Mediatek Rentan Disusupi Peretas?

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Rindu Keluarga di Bulan Ramadan saat Menimba Ilmu di Turki
Fun
Rindu Keluarga di Bulan Ramadan saat Menimba Ilmu di Turki

Pelajar Indonesia di Turki ingat kampung halaman ketika Ramadan.

Pameran Seni Perdana di Masa Pandemi oleh 2madison Gallery
Fun
Pameran Seni Perdana di Masa Pandemi oleh 2madison Gallery

2madison Gallery kembali gelar pameran seni

Kampanye Kita Manusia Menyediakan Tempat Lebih Layak Untuk ODGJ
Fun
Sedang Ramai di TikTok, Begini Tips Menggunakan Powder Sunscreen
Hiburan & Gaya Hidup
Sedang Ramai di TikTok, Begini Tips Menggunakan Powder Sunscreen

Akankah tabir surya bubuk dengan formula lotion atau semprot menjadi sepi peminat?

COVID-19 Sebabkan Rambut Rontok? Ini Solusinya
Fun
COVID-19 Sebabkan Rambut Rontok? Ini Solusinya

Penyintas COVID-19 mengalami kerontokan rambut?

Bisa, Bikin Video Masak cuma Pakai Ponsel Pintar
Kuliner
Bisa, Bikin Video Masak cuma Pakai Ponsel Pintar

Video memasak bisa jadi salah satu inspirasi kontenmu.

Berdamai dengan Duka Kehilangan
Fun
Berdamai dengan Duka Kehilangan

Cara berdamai dengan rasa kehilangan.

Twitter Siap Hadirkan Fitur 'Edit Tweet'
Fun
Twitter Siap Hadirkan Fitur 'Edit Tweet'

Bisa edit twit tanpa harus hapus unggahan.

Headset untuk Bekerja Hybrid, Nyaman di Telinga
Fun
Headset untuk Bekerja Hybrid, Nyaman di Telinga

didesain untuk mengakomodir fleksibiltas kerja

Daftar Mobil yang Bisa Langsung Dibeli di IIMS Hybrid 2022
Fun
Daftar Mobil yang Bisa Langsung Dibeli di IIMS Hybrid 2022

Ada beberapa mobil yang bisa langsung dibeli di IIMS Hybrid 2022, di antaranya Tesla Model Y, Hyundai Ioniq 5, dan New BMW 320i Sport.