Fashion

Artsy, Adidas dengan Sentuhan Porselen

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Selasa, 08 Desember 2020
Artsy, Adidas dengan Sentuhan Porselen
Adidas hadirkan sneakers kolaborasi dengan sneakers porselen ternama di Jerman (Foto: odditycentral)

BRAND sneakers ternama dunia, Adidas, baru-baru ini bekerja sama dengan produsen produsen kelas atas, Meissen. Kolaborasi itu untuk membuat sepasang sneakers unik yang diharapkan terjual dengan harga lebih dari US$1 juta atau sekitar Rp14,1 miliar.

Sebagai bagian dari program A-ZX, Adidas Originals berencana bekerja sama dengan mitra terpilih di seluruh dunia untuk menciptakan sepatu kets unik yang lebih memenuhi syarat sebagai karya seni daripada alas kaki untuk dipakai.

Baca Juga:

ONIC Esports Berkolaborasi dengan Sneakers Lokal Brodo

Bulan ini, Adidas meluncurkan sneakers yang sangat colorful, hasil kerja sama dengan brand porselen Meissen selama lebih dari setahun.

Dengan basic sneakers Adidas ZX8000 yang ikonik, sneakers ini diberi sentuhan unik porselen Meissens. Sejumlah elemen porselen diberikan pada sneakers tersebut.

Terdapat sejumlah elemen porselen pada sneakers Adidas kolaborasi dengan Meissen. (Foto: odditycentral)

Sneakers arsty itu akan dilelang minggu ini oleh Sotheby. Harga yang diperkirakan untuk sepatu bernilai seni tersebut lebih dari US$1 juta atau sekitar Rp14,1 miliar.

Pembuatan sneakers tersebut membutuhkan waktu lebih dari 6 bulan. Kulit premiun pada sneakers-nya dilukis dengan tangan oleh empat pelukis dari tiga departemen terpisah di Meissen. Sneakers tersebut punya 15 pola dengan sentuhan warna-warni yang eye catching.

Elemen klip torsi di midsole, cup tumit ZX, kunci renda, tag lidah, Three Stripes, dan komponen eyestay khusus ZX diganti dengan potongan porselen khusus yang dengan susah payah diintegrasikan ke dalam sneakers.

Dari tampilan sepasang ZX8000 yang unik ini, wajar untuk mengatakan sepatu ini lebih memenuhi syarat sebagai karya seni daripada alas kaki.

“Proses pembuatan untuk membuat 'sepatu kets porselen pertama' sangat rumit. Kami membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk menyelesaikan produknya,” kata Till Jagla dari Adidas, seperti dilansir Odditycentral.

Jagla mengatakan timnya telah terobsesi untuk menciptakan karya seni yang sempurna. "Ketika memikirkan proyek ini, yang paling saya sukai ialah cinta, semangat, dan dedikasi yang telah membuahkan hasil yang luar biasa," tambahnya.

Baca juga:

Adidas dan Allbirds Buat Sneakers Ramah Lingkungan

CEO Meissen Tillmann Blaschke menyebut sebuah kehormatan luar biasa bagi para pelukis Meissen untuk mengerjakan proyek unik yang akan menjadi salah satu jenis dalam sejarah Meissen.

"Para pelukis yang sangat berpengalaman dan terlatih dalam teknik dekorasi kulit, mengecat dekorasi tersebut pada sneaker Porcelain ZX8000. Ini sangat menantang karena tidak ada kesalahan pada sneakers itu. Warna langsung terserap oleh kulit sehingga tidak ada koreksi yang mungkin dilakukan," ucap CEO Meissen Tillmann Blaschke.

Sepasang sneakers unik bertahtakan porselen tersebut akan dilelang Sotheby. Harga awalnya ialah US$1 juta. Namun, mengingat nilai dari produk tersebut, sejumlah ahli berharap sneakers itu terjual lebih dari US$1 juta atau sekitar Rp14,1 miliar.

Nantinya hasil dana penjualan akan disumbangkan ke Museum Brooklyn untuk mendanai program seni guna menyediakan akses seni bagi pemuda setempat. (Ryn)

Baca Juga:

Tren Sneakers Lokal Diprediksi Akan Meningkat di 2020

#Fashion #Sneakers #Adidas
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan