Sneaker Pilihan Anda, Kasual atau Sporty? Sneaker terbagi dalam dua kategori untuk olahraga dan kasual. (Foto: highsnobiety)

SNEAKER disukai orang karena penampilannya yang sederhana, nyaman dipakai dan cocok dengan busana sehari-hari. Namun kebanyakan orang melihat sneaker hanya sneaker saja. Padahal ada dua kategori besar pada sneaker, yang uintuk olahraga dan aktivitas ringan kerap disebut kasual.

Pemakaian sneaker olahraga dan kasual pun berbeda, meskipun keduanya dapat dipakai dalam rutinitas harian.

Perbedaan keduanya sangat mendasar bila dilihat dari fungsi penggunaannya. Begitupun dengan desainnya disesuaikan dengan aktivitas pemakainya. Sneaker yang dipakai untuk berolahraga biasanya memiliki sol yang tebal, empuk ketika dipakai, nyaman di kaki dan kuat menerima beban badan.

Desainnya saat ini beragam dengan kecenderungan memiliki warna-warna yang cerah. Bahan yang dipakai sangat ringan dan menyerap kelembaban.

Sneaker untuk olahraga dapat pula dipakai di luar aktivitas berolahraga, seperti jalan-jalan ke mal atau sekedar clubbing.

Sayangnya sneaker kasual hanya diperuntukan bagi kegiatan kasual saja. Jadi sepetu kasual tidak dapat dipakai untuk berolahraga. Ini karena desainnya tidak diperuntukan bagi aktivitas itu. Sneaker kasual biasanya tampil lebih trendi dan bergaya, memiliki sol tipis dan tidak bercorak kompleks seperti sneaker olahraga.

Sneaker kasual itu cenderung lebih mengutamakan gaya dengan berbagai motif, warna dan corak. Bagi pecinta busana, kebutuhan sneaker kasual adalah keharusan. Biasanya mereka akan memadu-padankan antara busana dan sepatu. (psr)

Kredit : paksi


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH