SMRC: Kasus Ratna Sarumpaet Bikin Pendukung Prabowo Solid, Tapi...

Fadhli Fadhli - Minggu, 07 Oktober 2018
SMRC: Kasus Ratna Sarumpaet Bikin Pendukung Prabowo Solid, Tapi...
Capres Prabowo Subianto. Foto: @Gerindra

MerahPutih.com- Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Djayadi Hanan menilai kasus hoax Ratna Sarumpaet yang menyeret sejumlah politisi pendukung paslon nomor urut 02 tak akan membuat pendukung militannya pindah haluan dukung Jokowi.

Justru, kata Djayadi dengan adanya kasus itu membuat pendukung Prabowo-Sandi semakin solid dan membela pasangan calonnya tersebut.

"Kasus itu tak berdampak singnifikan, juga tak membuat pemilih Prabowo pergi. Malah makin belain," ujar Djayadi di kantornya, Minggu (7/10).

Hanya saja menurut dia, kasus ini akan mempersulit Prabowo-Sandi menambah suara dari kalangan yang belum menentukan sikap (Undecided) atau kalangan yang masih ragu (swing voter).

Djayadi Hanan

"Mempersulit Prabowo untuk mendapatkan pemilih yang mungkin saat ini undecided atau sudah cenderung ke Jokowi tapi masih bisa berubah," ucapnya.

Namun demikian, Djayadi berpendapat, Prabowo harus mampu memainkan isu-isu yang menjadi kelemahan Jokowi agar isu ini tidak semakin menggelinding liar. Misalnya, isu mengenai naiknya nilai tukar dolar yang saat ini tengah menjadi sorotan.

"Langkahnya, memainkan isu lain, seperti isu ekonomi dan isu-isu pelemahan rupiah yang bisa menutupi kasus itu," kata dia. (*)

Baca Berita Menarik Lainnya: Survei SMRC: Elektabilitas Menanjak Jokowi Berpeluang Samai SBY

#Ratna Sarumpaet #Berita Hoax
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan