SMRC: Elektabilitas Pasangan RINDU Saat Ini Populer di Jabar

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Kamis, 15 Maret 2018
SMRC: Elektabilitas Pasangan RINDU Saat Ini Populer di Jabar
Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul Ulum. (MP/Mauritz)

MerahPutih.com - Direktur Riset Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Deni Irvani mengatakan pasangan Ridwan Kamil-UU Ruzhanul Ulum sekarang ini unggul elektabilitas sebagai pemimpin di Jawa Barat.

Pasangan Ridwan Kamil-UU Ruzhanul Ulum sementara ini unggul dengan dukungan 43,7 persen. Kemudian disusul Deddy Mizwar-Deddy Mulyadi 30,7 persen, Sudrajat-Ahmad Syaikhu 4,6 persen, dan TB Hasanudin-Anton Charliyan 2,8 persen.

Hal itu disampaikan Deni dalam presentasi survei SMRC dengan tema Elektabilitas Calon-Calon Gubernur Jawa Barat temuan Survei Maret 2018, di Gedung SMRC Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (15/3).

"Ridwan kamil lebih banyak dipilih karena dia dinilai punya kualitas personal yang lebih positif dibanding calon lain," kata Deni.

Servei tersebut dilaksanakan pada 1-8 Maret 2018 lalu di Provinsi Jawa Barat dengan melibatkan 801 responden yang terpilih dengan metode multistage rondom sampling.

Deni menuturkan, pilihan warga Jawa Barat kepada pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur dipengaruhi atas evaluasi mereka sendiri terhadap kinerja incumbent.

"Warga yang merasa puas dengan kinerja Deddy Mizwar sebagai wakil gubernur jumlahnya tidak terlalu besar, hanya 46,2 persen. lni ikut menjelaskan mengapa Deddy Mizwar tidak unggul bila Pilkada diadakan sekarang," jelasnya.

Kata dia, ada variasi dukungan terhadap pasangan calon menurut demografi. Ridwan Kamil-UU, misalnya, sementara unggul di perkotaan, etnis Sunda, Jawa, Cirebon, dan kalangan berpendidikan Iebih tinggi.

"Sedangkan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi unggul di pedesaan, etnis Betawi, dan kelompok berpendidikan rendah," pungkasnya (Asp)

Baca juga berita terkait di: Pilgub Jabar 2018, Deddy Mizwar Disebut Pesaing Kuat Ridwan Kamil

#Pilkada 2018
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan